SOLOENSIS

Teknologi Podcast Kembali Viral di Indonesia!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
158

Podcast atau siaran audio ini sudah ada sejak tahun 2000-an saat Apple dikembangkan. Meskipun sudah ada sejak lama, namun podcast pada saat itu tidak seviral seperti saat ini.

Kenapa? Karena podcast saat itu hanya terbatas pada sistem operasi Apple saja seperti kepanjangan podcast itu sendiri iPod dan Broadcast. Namun dengan perkembangan zaman, podcast hadir (lagi) namun dengan versi yang bisa digunakan oleh sistem operasi android seperti Spotify.

Mungkin sekilas, podcast hampir sama dengan siaran radio. Namun, podcast dan siaran radio sangat berbeda. Siaran radio tidak bisa memilih apa yang diinginkan oleh pendengar sedangkan podcast bisa.

Hal inilah yang menarik perhatian, lalu apakah di Indonesia sudah ada konten kreator dalam dunia podcast ini?

Sudah ada namun tidak banyak. Meskipun tidak banyak namun mereka bisa merajai kedudukan nomer satu di Apple Podcast. 

Berikut 5 Podcast yang menduduki rank pertama di Indonesia: 

1. Merry Riana (Edukasi)

Siapa yang tidak mengenal Miss Merry Riana? Wanita sejuta dolar yang kini menjadi Mother Of YouTube ini, ternyata juga sudah masuk dalam jajaran Podcast Spotify, loh! Setelah berhasil menciptakan dampak positif untuk jutaan subscribers dalam setiap kontennya. Kini, Ms Merry Riana kembali memberikan motivasi dan edukasi berupa audio di Podcast Spotify secara gratis.

Bahkan, dengar-dengar podcast akun Merry Riana ini langsung melejit ke rank pertama di Podcast Apple dengan genre Education hanya dalam waktu satu bulan saja! Dan saat menyelisik lebih dalam, ternyata podcast akun Merry Riana ini terdapat konten-konten positif dan sangat inspiratif yang mampu membangkitkan motivasi bagi para pendengarnya.

Sama halnya dengan akun podcast yang lain, podcast akun Merry Riana pun terbilang mudah untuk dicari. Tinggal download aplikasi Spotify, search Merry Riana dan follow, maka secara otomatis sudah bisa menikmati konten-konten inspiratif yang bisa didengarkan kapanpun dan dimanapun.

2. Prambors ( Musik)

Trend podcast yang kini semakin meroket membuat salah satu penyiaran radio ini tidak habis ide sepertinya yah! Peminat podcast yang semakin melonjak karena kemudahan untuk memilih, apa yang mereka ingin dengarkan menjadi salah satu tantangan tersendiri dari para penyiaran radio untuk terjun ke dalam aplikasi berbasis audio ini.Kecepatan insting Prambors terkait melonjaknya peminat podcast membuatnya mendapatkan rank pertama di Apple Music dalam genre music.

Seperti yang kita tahu, Prambors merupakan stasiun musik nomer satu di Indonesia yang kini  juga sedang mencoba peruntungannya di dunia podcast.

3. Rintik Sedu (Lifestyle)

Galau? Sedih? Kecewa? Bingung? Mau cerita tapi bingung ke siapa? Langsung aja daripada kamu bingung, dengerin podcast rintik sendu ini. Semua kisah orang yang sama dengan kamu, selalu di bahas di konten milik rintik sendu.

Rintik sendu sendiri , adalah nama pena dari seorang wanita cantik kelahiran Jakarta pada 4 mei 1998, ia adalah Nadhifa. Ia merasa bahwa tidak semua orang bisa bercerita apalagi pandai bercerita, rintik sendu juga di tulis olehnya sebagai novel. Sudah ada 4 buku yang dicetak olehnya. Daripada bingung dan galau sendirian , cek podcast rintik sendu, kita galau bareng yuk.

4. Do you see what i see (Horror)

Podcast kali ini cukup menguji nyali kamu loh, faktanya adalah semua konten yang disajikan dalam do you see what i see ini adalah konten yang berbau horor. Dan konten ini pastinya diangkat dari kisah nyata loh, apakah kamu tahu rumah artis dan penulis buku yang sangat terkenal akan kisah lucunya? Raditya Dika ! iya, rumah artis tersebut pernah diceritakan horor, dan dalam konten do you see what i see ini juga ada dari rumahnya Raditya Dika. Kalau kamu pecinta horor, boleh cobain podcastnya ya tapi jangan pas malam jumat , nanti kamu ditemenin lagi hihi.

5. Rapot (Comedy)


Suka nonton film Raditya Dika? Ernest Prakarsa? Kisah lucu mereka pastinya bisa membuat harimu yang penat menjadi lebih tenang kan? Dan lebih rileks. Langsung aja yuk cek podcast rapot.

Rapot terdiri dari empat orang sahabat yang masing-masing dari mereka membuat kisah konyol dan kocak. Cerita, lelucon, dan ngalor ngidul seputar kehidupan sehari- hari pastinya dibahas di sini.

Daripada bosen sama kemacetan dan bosen, cobain podcast dari rapot menarik loh, pastinya bisa menghilangkan bosan kamu.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
158

clara annesya

fans berat merry riana

Add comment