Soloensis

Gejala dan Penyebab Uremia Tinggi

 

Uremia, atau sindrom uremik, adalah kondisi serius di mana urin masuk ke aliran darah Anda daripada dikeluarkan dari tubuh Anda. Uremia tinggi terjadi ketika ginjal Anda terluka atau rusak dan tidak dapat secara efektif menyaring dan menghilangkan limbah.

Ketika Anda menderita uremia, racun seperti kreatinin dan urea menumpuk di aliran darah Anda dan itu adalah gejala gagal ginjal. Jika tidak diobati, maka penyakit ini bisa mengancam jiwa.

 

Penyebab Uremia Tinggi

Uremia adalah keadaan klinis di mana kadar nitrogen urea darah, meningkat. Pada uremia, kegagalan ginjal untuk menyaring limbah nitrogen dengan benar menyebabkan tingginya tingkat uremia dalam aliran darah. Uremia tinggi mengancam jiwa karena terlalu banyak nitrogen dalam darah beracun bagi tubuh.

Gejala uremia yang sering terjadi adalah kebingungan, kehilangan kesadaran, produksi urin rendah, mulut kering, kelelahan dan haus yang berlebihan. Uremia mungkin juga menyakitkan. Uremia dapat kembali normal jika diobati dengan cepat. Namun, jika tidak diobati dengan segera, maka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

Gejala Umum Penyakti Uremia Tinggi

Gejala uremia berhubungan dengan kerusakan ginjal yang mencegah ginjal menyaring racun nitrogen. Limbah atau racun nitrogen ini menumpuk di aliran darah, meracuni tubuh. Gejala uremia serius dan dapat terjadi dengan sangat cepat.

Beberapa gejala uremia dapat digeneralisasi. Uremia tinggi adalah gejala yang serius, dan ketika gejala uremia hadir, maka harus ada evaluasi dalam pengobatan medis. Gejala umum uremia meliputi:

1.      Sakit perut

2.      Kebingungan atau kehilangan kesadaran bahkan untuk sesaat

3.      Mulut dan hidung kering

4.      Memar

5.      Edema (pembengkakan)

6.      Rasa haus yang berlebihan

7.      Kelelahan

8.      Tekanan darah rendah (hipotensi)

9.      Kulit pucat Denyut jantung yang cepat (takikardia)

10.  Mudah lemas (kehilangan kekuatan)

 

Apa Yang Menyebabkan Uremia?

Uremia disebabkan oleh kondisi apapun yang mengganggu kemampuan ginjal untuk menyaring produk limbah. Uremia dapat timbul dari segala kondisi yang merusak ginjal termasuk:

1.      Gangguan autoimun

2.      Obat-obatan tertentu, seperti obat antiinflamasi nonsteroid dosis tinggi (NSAID) atau bahan kontras intravena

3.      Kerusakan ginjal akibat hipertensi atau diabetes

4.      Penyakit ginjal (termasuk semua jenis masalah ginjal, seperti batu ginjal, gagal ginjal dan anomali ginjal)

5.      Obstruksi yang mengganggu aliran urin normal

6.      Embolisme atau oklusi arteri ginjal (penyumbatan aliran darah ke ginjal)

7.      Operasi

8.      Cedera traumatis pada ginjal

Uremia menurut Hitsindo.com juga dapat timbul dari sejumlah kondisi lain yang menyebabkan jumlah darah rendah atau ailiran darah menurun termasuk:

1.      Gagal jantung kongestif (kemunduran kemampuan jantung untuk memompa darah)

2.      Dehidrasi (kehilangan cairan tubuh dan elektrolit, yang bisa mengancam jiwa saat parah dan tidak diobati)

3.      Pendarahan berlebihan

4.      Diare berlebihan

5.      Muntah berlebihan

6.      Syok

Apa Faktor Risiko Untuk Uremia?

Sejumlah faktor bisa meningkatkan risiko terkena uremia. Tidak semua orang dengan faktor risiko akan terkena uremia. Namun faktor risiko uremia tinggi pada seseorang meliputi:

1.      Diabetes

2.      Tekanan darah rendah (hipotensi)

3.      Infeksi baru-baru ini

4.      Cedera

5.      Operasi terbaru

6.      Minum obat tertentu, seperti obat antiinflamasi nonsteroid atau bahan kontras intravena

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Uremia?

Perawatan untuk uremia seringkali membutuhkan rawat inap. Perawatan dimulai dengan mengobati penyebab cedera ginjal sehingga racun nitrogen tidak akan terus menumpuk di dalam darah.

Pengobatan mungkin memerlukan dialisis, yang menyaring racun dari darah agar ginjal bisa pulih. Terapi cairan, transfusi darah, dan obat tekanan darah juga dapat diberikan sebagai pengobatan.

Jenis dialisis yang bisa dilakukan meliputi:

1.      Hemodialisis, mesin digunakan untuk mengeluarkan racun dari darah Anda.

2.      Dialisis peritoneum – Kateter (tabung) dimasukkan ke perut Anda. Cairan dialisis mengisi perut Anda, menyerap racun dan cairan ekstra. Cairan tersebut menghilangkan racun saat keluar.

Transplantasi ginjal dapat menjadi pilihan jika Anda mengalami gagal ginjal stadium akhir. Ahli bedah menanamkan ginjal yang sehat dari donor yang hidup atau meninggal. Anda akan memerlukan obat untuk menjaga tubuh Anda menolak ginjal yang baru.

 

Cara Mencegah Uremia Tinggi

Berikut adalah cara untuk mencegah uremia tinggi :

1.      Latihan Kardiovaskular

Penyakit jantung dan  ginjal sering berjalan seiringan. Memiliki jantung yang sehat mengarah ke ginjal yang sehat yang pada gilirannya berperan penting dalam membantu mencegah uremia.

2.      Berhenti Merokok

 Merokok memperlambat aliran darah ke organ-organ penting seperti ginjal dan dapat memperburuk penyakit ginjal.

3.      Mempertahankan Pola Makan Sehat

Makanan seperti kembang kol, paprika merah, bawang, apel, dan cranberry sangat baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal Anda secara keseluruhan.

4.      Olahraga Teratur

 Berjalan selama 30 menit sehari meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat ginjal Anda. Berjalan adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mempertahankan gaya hidup aktif ketika Anda memiliki penyakit ginjal.

5.      Perubahan Pola Makan

Uremia menyebabkan gagal ginjal, suatu kondisi di mana ginjal orang yang terkena berhenti menyaring racun dari darah. Jadi, batasi makan yang mengandung banyak fosfor dan kalium. Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak fosfor adalah keju, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sementara eberapa contoh makanan yang mengandung banyak kalium termasuk kacang-kacangan, kentang, tomat, pisang. Ketika gagal ginjal berlanjut, mineral fosfor mulai menumpuk di dalam darah.

Ketika tingkat fosfor menjadi sangat tinggi, pasien disarankan untuk mengurangi makanan berprotein tinggi karena sebagian besar makanan berprotein tinggi juga mengandung fosfor.

Jadi, untuk menjaga kesehatan mulai sekarang, sayangi tubuh Anda dan hindari hal-hal di atas agar Anda tidak mengidap uremia tinggi.

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment