Soloensis

Cara Budidaya Burung Dara Kipas Buat Pemula

Burung dara kipas atau burung dara kipas salah satu tipe burung dara yang mempunyai keunikan yang unik yakni ekornya yang mempunyai bentuk seperti kipas. Saat ini, burung dara kipas makin disukai beberapa orang sebab harga jualnya yang tinggi hingga pas jadikan untuk salah satunya tempat usaha.

Burung Dara Kipas

Langkah Budidaya Burung Dara Kipas Buat Pemula

1. Pilih Indukan Burung Dara Kipas

Jika ingin memperoleh burung dara kipas yang bermutu baik, karena itu pilih calon indukan yang bermutu tentu saja. Pilih burung dara yang mempunyai bulu halus serta sehat, serta yakinkan tidak ada penurunan pada ekornya atau mungkin tidak melor. Disamping itu, pilih indukan yang masih terbilang muda serta aktif.

2. Langkah Memakai Pagupon Burung Dara Kipas

Sesudah sukses pilih indukan betina serta jantan yang bermutu bagus. Letakkan pada pagupon. Pakai pagupon yang mempunyai sekat dengan ukuran luas supaya pada tiap sekat dapat diisi seekor burung dara per sekatnya.

Supaya burung dara dapat bergerak dengan bebas, pakai ukuran tinggi 50 cm, panjang 80 cm serta lebar 50 cm. Ukuran ini adalah ukuran yang baik untuk pagupon burung dara kipas.

3. Pemberian Minuman Burung Dara Kipas

Biasanya burung dara kipas membutuhkan minum 2 x dalam satu hari. Disamping itu, juga harus isi air minum pada kotak minumnya sekitar 2 x satu hari serta pakai air yang bersih. Disamping itu, harus bersihkan tempat minuman burung dara kipas dengan cara periodik supaya dara kipas terlepas dari intimidasi beberapa penyakit.

4. Penentuan Makanan Burung Dara Kipas

Makanan penting burung dara kipas ialah kacang hijau, milat atau gandum, atau juga bisa beli pakan olahan yang ada di pasar. Tapi seharusnya harus sediakan makan pendukung berbentuk kecambah, sayuran, wortel, selada yang dihaluskan supaya vitamin yang diperlukan burung itu terpenuhi. Ini akan punya pengaruh pada keindahan bulu nya nanti.

5. Pengenalan Burung Dara Kipas

Setelah itu, kerjakan perjumpaan serta pendekatan pada burung dara. Lakukan sentuhan langsung dengan burung dara supaya ada keterkaitan batin di antara pembudidaya serta burung tersebut, disamping itu kenali rutinitas baik atau jeleknya.

6. Penjodohan Burung Dara Kipas

Lihat burung dara jantan serta betina yang akan berjodoh, lantas masukan pada sebuah kandang saat malam hari untuk proses perkawinan. Kemudian, saat pagi hari mandikan ke-2 burung itu dengan cara bertepatan serta biarlah berjemur di bawah cahaya matahari serta beri makanan di saat mereka berjemur supaya terikat hubungan antara kedua-duanya.

7. Persiapan Bertelur serta Mengerami Burung Dara Kipas

Sesudah ke-2 indukan dekat, umumnya proses perkawinan akan berjalan dengan prima. Waktunya, siapkan tempat untuk mengerami. Siapkan jerami, kayu kecil atau tangkai lidi untuk tempat bertelur serta mengerami buat si induk dara itu.

Sesudah sukses bertelur serta mengerami, maka menetas anak-anak dari burung dara kipas tadi sahabat. Umumnya perlu waktu 20 hari supaya telur-telur menetas. Umumnya indukan dapat membuahkan 3-4 telur dalam 1x pengeraman. Sepanjang 6-7 minggu anakan akan diberi makan sendiri oleh induknya anda perlu sediakan makanan yang banyak buat mereka.

8. Percepat Proses Produktivitas Burung Dara Kipas

Sesudah berumur 7 minggu, karena itu pisahkanlah induk dari anaknya supaya induknya dapat produktiitas kembali supaya proses budidaya burung dara itu dapat bertumbuh secara cepat. Gabungkan kembali indukan ini dengan burung yang jantan supaya proses bertelur kembali berlangsung, serta uruslah anakan merpati itu secara baik saat dipisah dari indukannya.

Demikian bahasan mengenai langkah budidaya burung dara kipas buat pemula yang kami kutip dari situs mp3burung.com, mudah-mudahan berguna serta janganlah lupa turuti posting kami setelah itu.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment