Soloensis

Rendang Primadona Ranah Minang

Rendang adalah makanan khas dari kota padang. Terdapat beberapa varian rendang, dimana salah satunya adalah rendang dengan kacang merah. Hampir disetiap sudut kota padang kita bisa menemukan makanan tersebut.

Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong membentuk dadu. Daging sapi yang telah dipotong kemudian dimasak bersamaan dengan bumbu rendang yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu ciri khas dalam memasak rendang yaitu membutuhkan waktu berjam-jam sampai daging tersebut lembut dan bumbunya yang berwarna coklat kehitaman.

Sekarang rendang bukan hanya bisa dinikmati dalam acara tertentu seperti pernikahan saja. Tetapi, sekarang sudah banyak rumah makan atau pusat jajanan oleh-oleh yang menjual makanan tersebut. Sehingga kapanpun kita ingin memakannya kita bisa dengan mudah membelinya.

Sebetulnya, rendang tidak hanya khas dari Padang. Ada juga rendang khas dari Melayu. Perbedaan rendang Padang dan rendang Melayu adalah pada tekstur, rasa, dan warnanya. Perbedaan tekstur rendang melayu dan rendang padang adalah rendang melayu lebih lembut dari pada rendang padang yg lebih keras. Kalau rasa pada rendang melayu lebih dominan pada kuah santannya yang gurih. Sedangkan rasa rendang padang lebih pedas dan kering. Lalu warna pada rendang melayu dan rendang padang juga berbeda. Warna rendang melayu lebih merah dibandingkan rendang padang yang bewarna cokelat kehitaman.

Pada tahun 2017, CNN Travel merilis 50 makanan terlezat di dunia. Rendang dari Indonesia masuk di urutan No. 1. Hebat ya!


Ini jadi kali kedua rendang masuk dalam makanan terenak pertama versi CNN Travel. Sebelumnya, pada Juli tahun 2011 CNN Go’s menobatkan rendang sebagai makanan terenak peringkat 11. Dan di September 2011, kemudian rendang naik hingga nomor 1. Di bulan Juli 2017, rendang tetap berada di posisi pertama.


Ini didapatkan dari suara terbanyak dalam jajak pendapat atau 
polling melalui Facebook. Ada lebih dari 35.000 suara yang memberikan vote, rendang jadi salah satu yang paling banyak.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Sylva Salsabila

    Saya seorang mahasiswi universitas islam negeri sumatera utara fakultas kesehatan masyarakat prodi ilmu kesehatan masyarakat. Saya masih semester 1

    View all posts

    Add comment