Soloensis

4 Benda Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan Oleh Manusia

Perkembangan sebuah peradaban amnusia tentunya cukup unik dan juga menarik untuk diketahui, mulai dari kehidupannya, tempat tinggalnya, desa, hingga negara tertua di dunia, termasuk berbagai hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana ataupun seperti apa kehidupan sebuah manusia pada zaman dahulu kala.

Dan sampai saat ini pun melalui sebuah penelitian oleh para ahli di berbagai daerah telah ditemukan manusia demi mengungkapkan sejarah pada masa lalu. Dilansir dari astor.id berikut 4 benda tua yang pernah ditemukan oleh umat manusia.

1. Kristal Zirkon

Peneliti sendiri mengungkapkan berhasil mengkonfirmasi fragmen bebatuan tertua yang pernah ditemukan di bumi, dimana fragmen tersebut ternyata berupa kristal zirkon kecil yang ditemukan di Australia dan diketahui usianya telah mencapat 4,37 miliar tahun lho dimana usia bumi saat ini baru saja 4,56 miliar tahun. 

Zirkon sendiri adalah batuan mineral yang memiliki warna beragam.

2. Perkakas dari Batu

Memang terlihat seperti batu biasa, akan tetapi jangan salah lho, ternyata itu merupakan salah satu alat yang terbuat dati bebatuan tertua yang pernah ditemukan di dunia, dimana tampaknya telah dibuat 500.000 tahun lalu, bahkan jauh sebelum garis keturunan manusia berevolusi.

Para ilmuwan sendiri menemukan alat bebatuan tersebut di Kenya, tepatnya dekat danau Turkana dan ternyata daerah tersebut terkenal karena menghasilkan banyak artefak kuno dari manusia purba.

Alat bebatuan ini diperkirakan berumur sekitar 3,3 juta tahun, dan 700.000 tahun lebih tua dari rekor sebelumnya yang pernah ditemukan.

3. The Altamura Man

The Altamura Man merupakan sebuah penemuan yang cukup unik, dimana dipercaya telah berusia lebih dari 150.000 tahun yang lalu, dimana seorang pria neanderthal jatuh kedalam sumur dan seketika tewaas sehingga tenggelam di sumur tersebut.

Pada tahun 2015 sendiri, para peneliti telah melakukan sebuah penelitian kecil dimana mereka mengambil sebagian dari bahu kananya untuk diteliti, dan hasilnya bahwa Altamura man merupakan neanderthalensis homo.

4. Surat Keluhan

Ternyata ada juga lho surat keluhan tertua di dunia, dimana telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Yang membedakan adalah surat keluhan tertua itu diukir pada tanah liat dimana keluhan tersebut adalah keluhan seorang pedangan tembaga yang hidup pada zaman Mesopotamia kuno yang diperkirakan berusia 3750 tahun.

Penulis tersebut bernama Nanni yang menuliskan suratnya untuk Ea-Nassir rekan bisnisnya yang juga pedagang biji tembaga, dimana dalam surat tersebut Nanni mengeluhkan biji tembaganya berkualitas rendah.

“Apa yang Anda telah lakukan kepada saya, bahwa Anda memperlakukan seseorang seperti saya dengan penghinaan seperti itu?”. Itulah bunyi terjemahan surat tersebut.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Astor Riyanto

    hanya seorang manusia biasa, kunjungi https://www.pantau.com dan https://astor.id

    View all posts

    Add comment