Soloensis

Ketahui 6 Manfaat Hobi Memancing Bagi Kesehatan, Pergaulan Dan Kehidupan Sehari-Hari

Berbagai kalangan berpendapat bahwa, orang yang hobi memancing ikan adalah orang yang pemalas, tidak punya rutinitas tetap, pengangguran, malas cari kerja dan lain sebagainya. Salah satu alasan mereka berpendapat seperti ini berdasarkan banyaknya waktu berkualitas yang terbuang.

 

Begitulah jika seseorang yang berpikir pada satu sudut pandang, bagaimana jika kita lihat berdasarkan sudut pandang yang lain? Ternyata, ada banyak juga loh, manfaat hobi Memancing yang bisa kita raih. Selain mendapatkan ikan, ada beberapa manfaat dan dampak positifnya lainnya. Apa saja itu? Berikut 6 diantaranya :

 

1. Menghilangkan Stress

 

Memancing ikan di sungai ataupun kolam pemancingan dipercaya bisa menghilangkan Stress, terlebih bagi mereka yang bekerja sepanjang hari, atau memiliki rutinitas yang padat dan melelahkan. Daripada hanya menonton TV atau bermain smartphone, lebih baik dimanfaatkan pergi memancing.

 

Selain itu, spot memancing yang menyuguhkan pemandangan alam, perbukitan dan persawahan, akan sangat ampuh untuk menghadirkan kesejukan dan ketenangan dalam hati. Dengan begitu, rasa lelah dan pikiran yang penat akan perlahan terusir dengan sendirinya.

 

2. Melatih Kesabaran

 

Bila kamu termasuk orang yang tidak sabaran terhadap suatu hal, maka kegiatan memancing ikan ini bisa menjadi alternatif pilihan sebagai media pelatihan yang gratis dan mengasyikkan.

 

Karena seperti yang kita tahu, mancing ikan bukan perkara instan dan gampang. Bisa saja kita bahkan tidak mendapat seekor ikan pun meski telah menunggu berjam-jam. Untuk itu, selalu diperlukan kesabaran serta ketenangan yang tinggi.

 

3. Memperluas Pergaulan

 

Di lokasi kolam-kolam pemancingan, biasanya akan banyak sekali orang-orang yang datang dari berbagai daerah, yang tentunya berbeda suku, agama, ras dan budaya. Hal ini akan menjadi peluang bagi kamu untuk memperluas relasi dan pergaulan.

 

Belum lagi grup-grup memancing seperti di media sosial dan dunia nyata, mereka biasanya akan sering melakukan Meet Up dalam skala waktu tertentu. Nah, ini jadi kesempatan emas untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru dan pengalaman yang berharga.

 

4. Mempertajam Daya Penglihatan

 

Memancing di alam bebas terkadang memberikan tantangan tersendiri. Berbeda dengan memancing di danau atau kolam pancing yang keadaan airnya sudah pasti tetap atau dijaga. Namun, berbeda halnya di alam bebas seperti sungai.

 

Musim hujan dan kemarau menjadikan keadaan air tidak menentu. Misalnya sehabis hujan lebat, air akan deras dan keruh. Sehingga, mengharuskan kita untuk lebih jeli dalam memperhatikan senar / pengapung pancing kita.

 

5. Mendapatkan Uang

 

Sudah barang pasti bahwa orang yang suka memancing ikan dan kerap mendapat tangkapan yang banyak, akan memperoleh penghasilan dengan menjual ikan tersebut. Jangan salah, harga ikan air tawar maupun laut tergolong cukup tinggi, sangat mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Meskipun tidak semua pemancing akan meraih hasil yang maksimal, namun seiring berjalannya waktu dan kemampuan dalam menguasai trik dan teknik semakin mempuni, dibarengi ikhtiar yang konsisten, maka rezeki akan hadir sesuai dengan ekspektasi kita.

 

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Tidak jarang para pemancing yang senior, akan menyusuri hutan lebat, mendaki perbukitan terjal, hingga menuruni lembah untuk mencari spot-spot memancing yang potensial. Kebiasaan seperti ini tentu bisa menambah daya tahan tubuh terhadap perjalanan jauh, suhu udara dan iklim. 

 

Nah, demikian beberapa Manfaat Hobi Memancing Ikan bagi kesehatan, pergaulan dan kehidupan sehari-hari. Untuk itu, stop berpendapat bahwa kegiatan memancing hanya membuang-buang waktu saja, mari berpikir lebih jauh dan rasakan sendiri manfaatnya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Wiki Pebrianto

    Influencer, Pekerja Keras, Pemimpi, Pecinta Seni, Sedikit Pemalu dan Ramah.

    View all posts

    Add comment