Soloensis

Panduan Traveling ke Taman Nasional Bunaken

Membahas mengenai kekayaan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Salah satunya asset berharganya berada di Taman Nasional Bunaken, Manado. Terdapat pada segitiga terumbu karang, Taman Nasional Bunaken mempunyai keanekaragam resapi yang tanpa duanya. Taman Nasional Bunaken telah ada semenjak tahun 1975 lho.

Bagaimana dengan kamu, Gan? Pernah belum bertandang ke Taman Nasional Bunaken? Jika tidak pernah, baca beberapa hal yang penting kamu tahu bila ingin liburan ke Bunaken di bawah ini.

Sejarah Bunaken

Melihat sedikit ke belakang, bagaimana Bunaken diketemukan sampai diresmikan jadi Taman Nasional Indonesia. Awalannya, seputar tahun 1970-an ada sekumpulan penyelam yang ingin lakukan riset pada keindahan laut Bunaken.

Tetapi pada masa itu, masih kental keyakinan mengenai magic serta mitos hingga riset beberapa penyelam ini sempat terhambat oleh masyarakat seputar. Singkat kata beberapa penyelam sukses bernegosiasi untuk selalu meneruskan riset, lantas mereka juga menunjukkan jika ada keindahan mengagumkan di alam bawah laut Bunaken. Mulai sejak itu, Bunaken jadi wisata jagoan Sulawesi Utara.

Selanjutnya pada tahun 1991, Bunaken diresmikan untuk Taman Nasional pertama di Indonesia. Bukan hanya Indonesia yang kagum pada Bunaken, UNESCO juga memutuskan Taman Nasional Laut Bunaken untuk salah satunya situs warisan dunia pada tahun 2005.

Rute Perjalanan Menuju Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken terdapat di Teluk Manado, Sumatera Utara. Banyak moda transportasi yang dapat kamu pilih untuk sampai di kota Manado.

Jika kamu memakai pesawat, kamu akan sampai di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di kota Manado. Sesampainya di kota Manado, kamu dapat berangkat ke pelabuhan Marina Blue Banter atau Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di kecamatan Molas.

Dari Marina Blue Banter, perlu waktu seputar 30 menit untuk sampai ke Pulau Bunaken, selanjutnya 10 – 15 menit ke arah tempat penyelaman. Sesaat bila kamu pergi dari NDC, cuma akan tempuh perjalanan sepanjang 20 menit.

Disamping itu, ada pilihan lain ke Pulau Bunaken, yakni sewa kapal dari Marina serta Pasar Bersehati, perjalanan sepanjang 40 menit. Satu kapal bisa berisi sampai 15 orang serta harga sewa perahu sekitar Rp 700. 000 – Rp 2 juta-an per kapal.

Kamu dapat juga pilih kapal Katamaran yang di bagian tengahnya dipasangkan kaca besar tembus pandang hingga kamu mulai bisa nikmati panorama bawah laut sepanjang tempuh perjalanan ke Pulau Bunaken.

Baca : Rental Mobil Jakarta

Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken

Seharusnya berencana lawatan ke Bunaken seputar bulan Mei sampai Agustus sebab keadaan air laut paling jernih hingga jarak pandang penyelaman dapat optimal dan hawanya lebih hangat. Jika kamu pilih bertandang pada bulan Juli sampai Agustus, lebih bagus untuk menyiapkan perjalanan dari jauh-beberapa hari sebab adalah pucuk musim berlibur.

Berkunjung ke Bunaken di bulan Desember sampai Januari bukan ketetapan yang pas, Toppers. Air laut sedang dalam keadaan pasang serta condong kotor karena sampah yang terikut arus.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bunaken

Untuk masuk ke lokasi Taman Nasional Bunaken kamu perlu mengambil kantong sebesar Rp 5. 000 saja untuk pelancong domestik. Sesaat wisatawan asing dikenai ongkos sebesar Rp 150. 000. Tidak hanya ticket masuk, untuk kalian yang ingin snorkeling serta diving ada ongkos tertentu yang perlu dibayar. Jika kalian ingin snorkeling, biayanya seputar Rp 100. 000 – Rp 150. 000 /jam untuk sewa perlengkapan selam berbentuk masker serta kaki katak. 

Untuk diving, kamu butuh ongkos tambahan sebesar Rp 1 juta-an. Satu , kurang komplet jika peristiwa menyelam mu tidak diabadikan, kamu dapat sewa camera underwater seharga Rp 200. 000an saja.

Spot Wisata Menarik di Taman Nasional Bunaken

Pulau Bunaken terdapat di daerah “Segi Tiga Emas”, disebutkan “Segi Tiga Emas” sebab adalah jalan perairan laut yang menyambungkan laut Indonesia, Papua serta Filipina. Karenanya, Bunaken adalah rumah buat beberapa ribu spesies ikan serta mempunyai ekosistem terumbu karang yang benar-benar kaya.

Untuk nikmati pesona bawah laut yang mengagumkan itu, minimal ada 20 titik penyelaman di Taman Nasional Bunaken, 12 salah satunya terdapat di Pulau Bunaken sendiri. Tokopedia akan bagikan 5 spot paling baik wisata bawah laut Taman Nasional Bunaken.

1. Bunaken Timor

Referensi titik penyelaman paling baik Bunaken ialah Bunaken Timor. Hal pertama yang penting kamu lihat ialah Bunaken Timor mempunyai arus bawah laut yang kuat, jadi harus waspada. Bersiap dihipnotis dengan panorama terumbu karang serta banyak spesiesnya ikan yang berenang ke sana kesini bersamamu.

Bila mujur, kamu dapat lihat pari elang, hiu, penyu serta beberapa spesies ikan besar yang lain dapat kamu jumpai di sini. Bukan hanya itu, ada gua-gua kecil bawah laut yang tidak kalah mengagumkan.

2. Mandolin

Spot menyelam di Bunaken selanjutnya ialah Mandolin. Di sini, kamu akan temukan banyak ikan yang hidup bergerombol seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish serta ikan penembak. Meskipun bergerombol, ikan-ikan ini jinak, jadi benar-benar sangat buat kamu mendekati. Disamping itu, kamu akan disuguhi panorama dinding serta pucuk batu karang yang tercipta dengan cara alami.

3. Muka Gereja

Spot paling baik selanjutnya yang akan untuk kamu terkesima ialah Muka Gereja. Spot ini mempunyai panorama taman laut yang memesona.

Waktu air laut yang jernih menyapu kakimu, kamu akan sadar jika kamu masih dapat lihat ikan lucu warna warni meskipun di perairan dangkalnya. Disamping itu, tentu tidak asing dengan ikan nemo, kan? Muka Gereja ialah tempat yang pas untuk berjumpa dengan mereka. Jika mujur, kamu dapat juga memperoleh bonus lihat panduan reef shark di gua bawah laut.

4. Puncak Barakuda

Bisa ditebak dari namanya, Pucuk Barakuda akan memanjakanmu dengan panorama ikan barakuda yang lumayan besar berenang bebas ditengah-tengah ikan tuna serta ikan jack. Pucuk Barakuda ini adalah arus yang tercipta sebab tempatnya yang ada di perubahan di antara wilayah berpasir serta terumbu karang. Terdapat di barat laut Pulau Bunaken, spot ini pantas jadikan spot diving paling baik di Taman Nasional Bunaken.

5. Siladen

Bila kamu hadir ke Bunaken untuk snorkeling, bermakna kamu harus ke Siladen. Siladen mempunyai kedalaman yang tidak begitu dalam hingga kamu tak perlu tehnik berenang spesial untuk dapat snorkeling di sini.

Kamu akan disuguhi dengan keeksotisan dinding karang yang halus serta indah. Di sini, kamu dapat lihat bermacam ikan diantaranya Moorish Idol, Butterflyfish dan sebagainya. Intinya, Siladen ialah spot snorkeling di Bunaken yang tidak bisa ditinggalkan deh.

Semenjak awal Bunaken diketemukan, Indonesia telah memutuskan jika taman nasional ini harus dilindungi sebab pemandangannya yang demikian indah. Janganlah sampai usaha ini tinggal wawasan saja di masa datang.

Bunaken ialah rumah buat beberapa ratus terumbu karang serta beberapa ribu spesies ikan-ikan unik. Jika kamu pulang ke rumah sesudah senang liburan di Bunaken, biota laut itu juga ingin mempunyai tempat tinggalnya masih terbangun. Yang penting, kita harus bekerja bersama dalam jaga kebersihan serta kelestarian Taman Nasional Bunaken ini supaya anak cucu kita masih dapat nikmati kecantikan wisata alam air yang spesial ini. 

Nah, saat ini waktunya cek ticket pesawat ke Manado untuk lihat dengan mata kepalamu sendiri keeksotisan Taman Nasional Bunaken.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment