Soloensis

Pola hidup sehat rasulullah saw

Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW

Oleh : Khairuzikria Ramadhani

Mahasiswi FKM UIN Sumatera Utara

 

Pada zaman sekarang banyak orang yang Ingin hidup sehat,bahkan di luar negeri kesehatan bagi mereka adalah segala-galanya.Makanan serba steril demikian pula dengan pakaian dan lain-lainnya.Mereka sangat memperhatikan sekali masalah kesehatan.Akan tetapi jika kita perhatikan lagi,islamlah yang paling memperhatikan dan mengerti akan kesehatan.Siapa saja yang mempelajari sunnah nabi saw,dia akan mendapatkan bahwa asal kaidah-kaidah kesehatan itu sudah diajarkan oleh Rasulullah saw.

Bagaimana Nabi saw mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari?.Dalam buku pengantar hadis kesehatan karangan Dr. watni Marpaung,MA,dijelaskan bagaimana pola hidup sehat rasulullah saw. Seperti : 

Rasulullah saw cepat tidur dan cepat bangun

Rasulullah SAW tidak menyarankan umatnya untuk begadang.Beliau juga tidak menyukai makan dan berbincang-bincang selepas waktu Isya. Jika waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan langsung tidur. Dengan begitu waktu yang digunakan untuk tidur dalam sehari kurang dari 8 jam. Dalam pembagian waktu 24 jam untuk 1 hari 1 malam, 1/3 untuk bekerja, 1/3 untuk beribadah kepada Allah dan 1/3 lagi untuk tidur yang cukup. 

 

Posisi tidur yang baik menurut Rasulullah saw adalah merebahkan badan ke sebelah kanan.Secara ilmiah pun posisi tidur seperti ini sangat menyehatkan bagi tubuh kita karena organ dalam tubuh kita tidak saling berhimpitan.

Rasulullah saw sering berpuasa

Dalam Alquran disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”(Al-baqarah : 183).

Puasa menjaga kesehatan pencernaan,perbaikan tubuh dan otak,menyehatkan jantung,menurunkan berat badan, memelihara kesehatan jiwa,meredakan rasa sakit,serta terhindar dari ” jet lag” yaitu suatu sindrom berupa rasa tidak nyaman pada pencernaan, pikiran, kelelahan disertai gangguan tidur, akibat bepergian melintasi zona waktu yang berbeda.

Makan tidak berlebih-lebihan

Rasulullah saw makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.Pada pagi hari, Rasulullah SAW sarapan dengan segelas air yang dicampur oleh sesendok madu asli.Selain dapat menjaga daya tahan tubuh,madu juga dapat menjadi obat bagi berbagai macam penyakit.Ditinjau dari ilmu kesehatan,madu dapat membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir, peradangan dan mengaktifkan usus-usus.Rasulullah saw juga rutin mengkonsumsi buah kurma ajwa’.Makan berlebihan juga dapat mempengaruhi kerja hormon didalam tubuh,sehingga dapat memicu berbagai penyakit. 

Tidak mudah marah

Marah juga dapat mempengaruhi hormon adrenalin didalam tubuh yang berdampak pada kesehatan manusia.Siapa yang tidak pemarah hatinya akan tenteram, jika rasa marah tumbuh segeralah dihilangkan dengan :

– Merubah posisi, misalnya jika marah timbul ketika sedang berdiri maka duduklah, jika sedang duduk maka berbaringlah.

– Segeralah berwudhu dan mengerjakan sholat sunah dua rakaat.

Rasulullah saw menjadi teladan bagi umat islam.Banyak yang dapat kita teladani dan tiru dari kebiasaan beliau.Jika kita ingin menjalani hidup dengan sehat maka kita dapat meniru pola hidup sehat dari beliau.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Khairuzikria Ramadhani

    Mahasiswi

    View all posts

    Add comment