Soloensis

Tips Untuk Memilih Kambing Aqiqah yang benar

Bukan hanya doa serta tata langkah pelaksanaan aqiqah saja yang penting dilihat, tetapi pemilihan hewan aqiqah juga penting. Anda butuh mengerti serta tahu seperti apa beberapa ciri hewan aqiqah yang wajar untuk disembelih.

Ada beberapa hal khusus sebagai penilaian jika hewan itu baik dijadikan jadi hewan aqiqah. Mengenai aqiqah anak laki-laki serta anak perempuan berbeda dalam jumlahnya. Lebih baiknya untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor hewan sedang untuk anak perempuan 1 ekor saja.

“Semua anak yang lahir tergadaikan dengan aqiqahnya” [HR Abu Dawud, At Tirmidzi serta An Nasa-i].

Tahukah Anda bila sebagian tips itu bersangkutan dengan syarat kambing untuk aqiqah terhitung diantaranya usia kambing atau domba itu.

Berikut ini adalah syarat kambing untuk Aqiqah sebagaimana yang kami lansir dari situs Nur Aqiqah, salah satu jasa Aqiqah Bekasi terbaik:

  • Sehat
  • Tidak hilang sebagian anggota tubuh seperti tanduk atau kuping
  • Tidak cacat dan tidak ompong

Dikhususkan berjenis kelamin jantan, walau tidak ada hadist yang mengatakan jika hewan aqiqah harus berkelamin jantan. Ini penting untuk dilihat untuk keberlangsungan reproduksi hewan supaya masih terbangun.

Perlu Anda tahu jika kriteria di atas adalah kias dari kambing untuk qurban. Oleh karenanya, bisa diambil kesimpulan jika kriteria kambing Aqiqah sama juga dengan kambing Qurban.

Tetapi, ada pula beberapa ulama membolehkan tipe kambing apapun mengingat tidak ada alasan khusu yang mengatakan mengenai kambing aqiqah.

Tentu yang paling afdol adalah sesuai dengan kriteria di atas, lebih bila kita lebih yakini ajaran Rasulullah. Terdapat beberapa faedah yang terdapat dalam Aqiqah tersebut, jadi contoh untuk memperkuat bersilahturahmi dan ikatan sosial dengan beberapa kerabat, fakir miskin, tetangga, dan lain-lain. Oleh karenanya, kita butuh mengamalkan sunnah ini.

Bagi Anda yang ingin beli kambing aqiqah sendiri, berikut dikatakan panduan pilih kambing aqiqah untuk anak yang pas.

Pilih kambing yang sehat

Adapun ciri-ciri kambing yang sehat diantaranya tubuhnya kuat, berdada lebar, pinggangnya lurusm kakinya condong kuat serta kuat, dan memiliki ukuran besar yang panjang, tubuhnya tidak gemuk maupun begitu kurus.

Mata yang Sehat

Kambing yang sehat bisa dilihat dari sisi matanya. Bila matanya bisa konsentrasi serta lihat dengan jelas bisa diyakinkan hewan itu dalam keadaan baik.

Gigi dan Kuku yang Bersih

Untuk memastikan jika hewan itu sehat, Anda dapat juga memerhatikan sisi penting giginya, pada rahang giginya sebaiknya kuat buat kunyah makanan. Disamping itu, kuku yang bersih jadi aspek khusus jika hewan aqiqah itu wajar.

Punggung yang Besar

Selanjutnya, kambing yang memiliki daging banyak bisa disaksikan di bagian punggung serta pahanya. Upayakan untuk pilih kambing dengan punggung yang besar.

Belilah Dalam Keadaan Hidup

Penting untuk Anda tahu, beli kambing aqiqah dalam kondisi masih hidup mempunyai tujuan agar daging terjamin fresh serta mempunyai kisah kesehatan yang pasti. Lain perihal bila Anda pesan paket aqiqah dengan online, dianjurkan untuk minta photo atau video dokumentasi dari faksi penyuplai service buat untuk pastikan.

Selain itu, beli daging kambing yang telah dipotong-potong berefek lumayan besar. Ini sebab konsumen tidak lihat langsung keadaan kambing itu. Sejumlah besar orang memandang bila kambing yang sehat serta bermutu ialah kambing yang bernilai mahal, kenyataannya belum pasti.

Disarankan buat Anda untuk pilih kambing sesuai dengan anggaran. Mengenai langkah untuk dapat memperoleh kambing yang seperti keinginan adalah Anda dapat cari info terlebih dulu dari beberapa sumber.

Jadi contoh, Anda dapat menelusurinya di internet. Tidak hanya gampang serta praktis, service dengan online kadang sediakan pilihan paket yang cukup komplet.

Anda bisa juga beli kambing qurban lewat saran kerabat, jangan sampai malu untuk menanyakan supaya memperoleh kambing yang paling baik. Mudah-mudahan beberapa tips pilih kambing untuk aqiqah di atas bisa berguna.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment