SOLOENSIS

Penting!! Bagi Pengguna Las Listrik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Las ialah satu tehnik sambungan besi dengan dibakar. Sedang mesin las listrik ialah mesin yang dipakai untuk menyambung besi yang sumber dayanya didapatkan dari tenaga listrik.

Sebelumnya, tehnik pengelasan bukan dengan listrik tetapi dengan gas. Teknik pengelasan ini disebutkan dengan tehnik pengelasan karbit yakni dengan memakai gas acetylena yang dibakar.

Nama lain dari tehnik las listrik dengan memakai mesin las listrik ini ialah tehnik las busur listrik. Sebab tehnik las listrik dari mesin las listrik ini dengan memakai nyala busur listrik yang ditempatkan ke permukaan logam yang akan disambung.

MESIN LAS LISTRIK (HISTORY)

Berdasar penemuan beberapa benda riwayat, bisa didapati jika tehnik sambungan logam sudah diketahuiu semenjak zaman prasejarah, contohnya pembrasingan logam gabungan emas tembaga serta pematrian gabungan timbal-timah. Berdasarkan penjelasan yang didapatkan, sudah didapati serta diterapkan dalam kurun waktu di antara tahun 3000 sampai 4000 SM.

Beberapa alat mesin las listrik digunakan dengan luas sesudah alat itu dipakai dalam praktik oleh Benardes pada tahun 1985. Dalam pemakaian yang pertama ini, benardes menggunakan elektroda yang dibikin dari batang karbon atau grafit.

Sebab panas yang muncul, jadi logam pengisi yang dibuat dari logam yang sama juga dengan logam indul mencair serta isi tempat sambungan. Serta pada tahun 1989, Zerner meningkatkan langkah pengelasan memakai mesin las listrik yang dibuat oleh dua batang karbon.

Sedang Slavianoff ialah orang pertama yang memakai kawat logam elektroda yang ikut mencair sebab panas yang diakibatkan oleh busur listrik seputar tahun 1892.

Dan Kjellberg temukan jika kualitas sambungan las jadi lebih baik jika kawat elektroda logam yang dipakai dibungkus dengan terak. Terak ialah ampas leburan logam yang berbentuk timah, besi, baja dan lain-lain yang memiliki kandungan logam.

MESIN LAS LISTRIK

Mesin las listrik bisa menyalurkan arus listrik lumayan besar, tapi dengan tegangan yang aman ( kurang dari 45 volt ). Langkah kerja mesin las listrik ini dengan menyalurkan listrik yang tertumpu pada busur listrik hingga memunculkan daya panas yang lumayan tinggi, hingga akan gampang mencairkan logam yang disentuhnya.

Untuk jalankan mesin las listrik ini dengan tempelkan atau menjepit elektroda dengan clamp yang beraliran listrik plus, serta tempelkan atau menjepit logam yang akan di las dengan clamp yang beraliran plus. Bila ke-2 clamp ini tidak dipasangkan sesuai tempatnya, jadi mesin las listrik tidak dapat dipakai

Sebelum memakai mesin las listrik, kami harap anda ikuti pelatihan atau latihan spesial untuk tahu tata langkah memakai las listrik yang benar, serta kemudian kami merekomendasikan pada anda untuk membaca buku panduan pemakaian dari mesin las listrik itu.

Ini kami rasa penting sebab masing-masing mesin las listrik dibuat berlainan, hingga kami kuatirkan terdapatnya ketidaksamaan di antara mesin las listrik yang kami terangkan di sini dengan mesin las listrik yang anda punya di dalam rumah atau di bengkel anda.

MESIN LAS LISTRIK (MACAMNYA)

 Mesin las listrik sekarang makin bermacam type atau macamnya, sebab memang jumlahnya keperluan dari manusia yang makin banyak serta beragam macam akan mesin las listrik. Yang memperbedakan dari beberapa jenis mesin las listrik ini ialah dari sisi arus listriknya atau kelistrikannya. Tiap type atau tipe mesin las listrik ini punya peranan serta kelebihan yang berlainan, sesuai manfaatnya di Lapangan.

Sebagian dari type atau jenis mesin las listrik ini ialah :

  • Mesin Las listrik AC (Arus bolak-balik)
  • Mesin Las listrik DC (Arus searah)
  • Mesin Las listrik AC/DC (Arus bolak-balik serta searah

MESIN LAS LISTRIK AC

Mesin las listrik arus bolak-balik mendapatkan busur nyala dari transformator, dimana dalam mesin las las listrik ini arus dari jaring-jaring listrik dirubah jadi arus bolak-balik oleh transformator yang sesuai arus yang dipakai untuk mengelas, hingga mesin las ini disebutkan dengan mesin las listrik transformator.

Kelebihan Mesin Las listrik AC salah satunya :

  • Peralatan serta perawatan tambah murah.
  • Kabel massa serta kabel elektroda bisa diganti untuk memengaruhi yang dibuat.
  • Nyala busur kecil, hingga kurangi munculnya keropos pada rigi-rigi las.

Kekurangan Mesin las listrik AC salah satunya:

  • Tidak bisa dipakai untuk semua tipe elektroda.
  • Tidak bisa dipakai untuk mengelas semua tipe logam.

MESIN LAS LISTRIK DC

Arus listrik yang dipakai untuk mendapatkan nyala busur listrik ialah arus searah. Arus searah ini datang dari mesin berbentuk dinamo motor listrik searah. Dinamo mesin las listrik DC ini bisa digerakkan oleh motor listrik, motor bensin, motor diesel, atau alat penggerak lain.

Kelebihan mesin las listrik DC salah satunya :

  • Nyala busur listrik yang dibuat lebih konstan.
  • Tiap tipe elektroda bisa dipakai pada mesin las listrik DC.
  • Tingkat keributan lebih rendah.
  • Bisa dipakai untuk mengelas plat yang tipis.

MESIN LAS LISTRIK AC/DC

Mesin las listrik tipe ini dapat dipakai untuk pengelasan dengan arus searah atau pengelasan dengan arus bolak-balik. Mesin las tipe ini biasa disebutkan dengan mesin las ganda yang mempunya transformator satu babak serta satu alat perata pada sebuah unit mesin.

Keluaran arus bolak-balik diambil dari terminal lilitan sekunder transformator lewat regulator arus. Serta arus searah diambil dari keluaran alat perata arus. Penataan keluaran arus bolak-balik atau arus searah bisa dikerjakan dengan gampang, yakni cukup dengan memutar alat pengontrol arus dari mesin las.

Kelebihan dari mesin las listrik AC/DC salah satunya :

  • Lebih flexibel sebab bisa dipakai untuk pengelasan arus bolak balik serta arus searah.
  • Lebih flexibel untuk dipakai pada berbagai macam tipe pekerjaan.

Demikian Info Mengenai pengelasan, Lebih tepatnya las Listrik. Semoga sangat bermanfaat buat kalian semua dan menjadi info yang sangat berguna.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

1 comment