Soloensis

WOW!! Ternyata Ini Alasan Pasar Triwindu Ramai Pengunjung

Kota Surakarta terkenal dengan pusat barang-barang antik. Pusat barang antik di Surakarta adalah Pasar Triwindu. Pasar identik dengan tempat berlangsungnya jual beli suatu barang. Pasar tidak hanya menjual kebutuhan pokok manusia saja, tetapi ada juga pasar yang menjual berbagai macam barang-barang langka atau barang-barang antik. Pasar Triwindu merupakan pasar yang terletak di JL.Diponegoro, Surakarta. Pasar Triwindu merupakan pasar unik yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan, karena di dalamnya menjual barang-barang yang berbeda dari pasar-pasar umumnya. Pasar ini menjual berbagai barang antik yang sering kita jumpai pada jaman dahulu.

Pasar Triwindu ini khusus menyediakan barang-barang antik yang lekat dengan kehidupan masyarakat Solo tempo dulu. Barang antik yang tersediakan di Pasar Triwindu diantaranya aksesoris kuno, koin kuno, uang kuno, keramik, perlengkapan membatik, radio bekas, benda pusaka, buku jadul, perhiasaan, topeng kayu dan masih banyak lagi. Tidak hanya benda-benda atau aksesoris kuno, di sana juga menyediakan berbagai macam mainan tradisional pada jaman dahulu, seperti congkak atau dakon dan kelereng.

Disamping itu, beberapa penjual di pasar ini juga menjual berbagai macam batu akik. Tak heran jika para wisatawan atau turis tertarik untuk datang berkunjung di pasar ini. Uniknya lagi, di sini masih ada sistem barter di mana pembeli boleh menukarkan barang antik yang ia miliki dengan barang antik yang ada di pasar ini. Jadi apabila kalian bosan atau ingin memiliki barang antik baru, kalian bisa membawa barang antik kalian dan kalian bisa menukarkan dengan barang antik yang kalian suka atau yang ingin kalian miliki jika kedua belah pihak cocok dan setuju. Menurut salah satu penjual, para wisatawan kebanyakan membeli barang antik hanya untuk koleksi dirumah, tetapi ada juga yang membeli untuk dijual kembali.

Harga barang-barang yang ada di Pasar Triwindu juga terjangkau, calon pembeli juga bisa menawar harga barang yang telah ditawarkan oleh penjual. Harga barang yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, jika kondisi barang tersebut masih bagus dan barang tersebut sangat bersejarah, maka harga yang di berikan oleh penjual akan sedikit mahal. Harga barang juga di lihat dari seberapa usia barang antik tersebut, jadi jika semakin lama usia barang tersebut harganya akan semakin mahal. Pasar Triwindu ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi para kolektor barang-barang antik.

Sangat diharapkan bagi calon pembeli barang antik harus jeli dan harus benar-benar paham tentang dunia barang-barang antik. Karena untuk mengantisipasi jika ada penjual yang menjual barang-barang antik palsu atau barang yang dijual tidak benar-benar barang antik jaman dahulu tetapi hanya tiruan.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment