Soloensis

Pasar Kartasura

Sejarah asal usul Pasar tradisional Kartasura berada persis di tengah tengah keramaian pasar kartasura, pasar ini di renovasi sejak tahun 1990an. Sebelumnya pasar ini tidak berlantai 2, pasar ini tidak berbeda dengan pasar tradisional yang lain. Sebelum dibangun pasar ini, ramai hanya pada hari-hari pasaran tertentu (hari pasaran legi). Dengan berjalannya waktu hari pasaran legi dengan hari pasaran yang lain tidak ada bedanya tetap saja ramai.

              Para pengunjung pasar ini mulai  ada perubahan setelah dialihkannya jalur bus yang mestinya dahulu melewati depan pasar, sekarang jalur ini dialihkan ke jalur yang lain, dari jogja langsung keterminal dan dari solo belok ke perempatan, menjamurnya mini market yang buka selama 24jam. Keluhan juga bisa dirasakan oleh internal pedagang pasar itu sendiri.Hal ini dialami terutama oleh pedagang di dalam pasar yaitu dengan adanya merebaknya pedagang diluar pasar dan dipinggiran jalan yang masuk lorong-lorong pasar. Sehingga para pengunjung lebih banyak membeli barang belanjaan yang berada diluar pasar.

Potensi lain disekitar pasar Kartasura adalah usaha jajanan pasar (tenongan),berikut salah satunya pedagang yang saya liput keberadaan usaha dagangnya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Mukti Abdul Matsani

    Pemain Sepak Bola Persebi Boyolali

    View all posts

    Add comment