Soloensis

FANTASTIS! ADA PASAR KENANGAN DI KOTA SURAKARTA

 

Jangan move on, berat! Kamu ga akan kuat, karena akupun juga tidak kuat haha. Ngomongin soal kenangan memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena setiap yang terjadi pastilah berlalu, meski tidak semua kemudian terabadikan dalam bingkai cerita.

Nahh, ada yang menarik dari kota budaya atau kota Surakarta ini. Dikenal sebagai kota yang masih kental akan kebudayaan jawa, kota surakarta memiliki destinasi wisata berbalut nuansa budaya jawa yang cukup banyak. Salah satunya adalah pasar kenangan atau pasar triwindu.

Disebut sebagai pasar kenangan, karena dipasar ini kita dapat menemukan berbagai macam jenis barang-barang jaman dahulu yang tentunya memiliki banyak kenangan-kenangan yang tersimpan didalamnya.

Pasar Triwindu dibangun pada tahun 1939 dan sampe sekarang telah berganti rupa beberapa kali, nama triwindu sendiri juga sempat  berganti menjadi pasar windujenar. Namun, kemudian kembali menjadi nama triwindu untuk akhirnya di resmikan oleh Walikota Surakarta saat itu Bapak Joko Widodo pada tahun 2011.

Terletak di kawasan tengah kota Surakarta tepatnya di jalan Diponegoro , pasar triwindu diharapkan dapat menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan ciri kekhasan ala budaya jawa seperti arsitektur bangunannya yang sederhana namun terkesan elegan ini bisa membawa pengunjung pasar triwindu merasakan kembali ke masa lalu nya.

Pasar Triwindu menjadi pasar satu-satu nya di Surakarta yang menjual barang barang kuno dan antik. Sebanyak kurang lebih 300 kios yang ada dipasar Triwindu menjual berbagai macam jenis barang-barang masa lalu seperti aksesoris, perlengkapan dapur, alat elektronik, koin atau uang jaman dahulu, kain batik, patung, mainan tradisional, onderdil bekas dan masih banyak lagi.

Meski tidak semuanya merupakan barang antik yang asli dari masa lalu, disini banyak juga yang menjual barang-barang kw. Tetapi tidak usah khawatir, karena pedagang disini biasanya akan memberi tahu mana yang asli mana yang kw. Hal itu juga bisa terlihat dari harga yang ditawarkan. Tinggal bagaimana kita menjadi konsumen yang pintar ketika berada di pasar ini.

Tidak hanya menjual barang kuno, di pasar triwindu ada beberapa toko yang bisa menggunakan sistem penjualan barter. Wah, tentu hal ini menambah situasi menjadi benar-benar seperti kembali ke masa lalu.

nah , buat yang ingin menjajaki kenangan-kenangan masa lalu kamu bisa langsung datang ke pasar ini dengan membawa uang sebutuhnya saja atau membawa barang tertentu untuk dapat di barterkan. Buat anak kids jaman now tidak ada salahnya juga berkunjung ke pasar ini , karena di pasar ini juga kita dapat banyak belajar mengenai sejarah-sejarah. Tidak hanya itu, di pasar ini juga banyak sudut yang instagramable dan bisa dijadikan spot menarik untuk menambah stok foto. (ZS)

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    zakiyatus sholiha

    nama saya zakiyatus sholiha, sering dipanggil kiki. saya mahasiswa semester 5 jurusan komunikasi penyiaran islam di IAIN Surakarta.

    View all posts

    Add comment