Soloensis

Berkunjung Ke Pasar Harjodaksino, Manjakan Lidah Aanda Dengan Legitnya Martabak Mini Mas Taufik.

Pemandangan yang selalu dapat kita lihat ketika berkunjung ke Pasar Harjodaksino, Asap kendaraan mengepul layaknya kabut dipagi hari. Suara lengkingan peluit dan aba-aba petugas parkir jelas terdengar ditelinga membuat para pengendara yang melintasi jalan Yos Sudarso tersebut tertarik untuk merapat berbelanja atau sekedar berkeliling. 

Memasuki gerbang masuk Pasar Harjodaksino para pengunjung pasar akan disuguhi bau yang menyeruak dari buah mangga dan nanas yang seolah menarik indra penciuman kita untuk sekedar mampir syukur-syukur memborong. Sahut-sahutan para pedagang menawarkan barang dagangan mereka kepada para pengunjung pasar membuat suasana pagi itu tampak meriah ramai. Semakin menjorok kedalam kita bisa temui aneka sayur-mayur dari A sampai Z tersedia dengan kualitas yang masih segar-segar.  Selain sembako, sayur-mayur dan buah  yang diperjual belikan dan membuat pasar ini berbeda dengan pasar yang lain adalah dipasar ini menyediakan Tuwuhan yaitu hiasan gerbang mnatenan. Semakin dijelajahi maka semakin banyak pula jenis-jenis barang dagangan ayang dapat kita temui.  

Sampai-sampai indra penciuman kita tiba-tiba merangkak liar mengikuti sumber bau arum dan enak tersebut berasal. Asap yang mengebul dari cetakan panas itu menambah kesan ingin mendekat dan tahu apa sebenarnya yang dihasilkan dari cetakan bulat-bulat tersebut. Tuangan adonan demi adonan, tambahan selai dan toping diatasnya membuat martabak mini ini semakin cantik dan menarik untuk dibeli. Senyuman sang Mas Taufik (32) asal Tasikmalaya yang merupakan koki martabak mini tersebut tersungging dipipinya membuat suasana menjadi lebih hangat dan bersahabat. Satu buah  martabak mini tersebut dihargai  Rp. 800,- dan jika membeli satu paket rasa anda hanya perlu merogoh dompet anda senilai Rp. 4000,- saja. Jadi wajib sekali bagi anda yang sedang berkunjung ke pasar ini mampir dan mencicipi kuliner martabak mini satu-satunya di Pasar Harjodaksino ini. 

Pasar  Hardjodaksino ini memiliki waktu operasional antara pukul 18.00 sore sampai dengan pukul 08.00 pagi. Pagi hari untuk sayuran, siangnya untuk snack,dan malamnya untuk bongkar muat barang barang dagangannya. Manajemen pengelolaan pasar ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab dan kewenangan pemerintah kota surakarta melalui Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) terkait. ( Galuh Sekar Kinanthi ). 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Galuh Sekar Kinanthi

    Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta Konsentrasi Jurnalistik 2016

    View all posts

    Add comment