Soloensis

Produktif Lebih Besar walaupun Work From Home (WFH)

Saat ini tentang wabah virus Corona (COVID-19) yang sudah menjadi musibah di Indonesia. Di beberapa wilayah sudah menjadi perhatian pemerintah untuk diwaspadai agar penyebarannya tidak semakin meluas dan menularkan kepada orang lain.

Maka dari itu pemerintah pun lebih menyarankan untuk Work From Home (WFH) untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut. Meskipun di rumah bukan berarti ngga bisa produktif bekerja seperti biasanya.

Melainkan dengan Work From Home ini menjadi kesempatan untuk bisa produktif lebih dari biasanya. Banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan setiap harinya untuk hal-hal yang kamu sukai pastinya. Kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan saat Work From Home seperti sekarang?

  • Kerjakan Tugas  Wajib dulu

Selama Work From Home pastinya kamu harus mengutamakan tugas wajib kamu sendiri. Apa yang biasa kamu kerjakan di kantor/tempat kerja bisa kamu prioritaskan terlebih dahulu untuk diselesaikan di hari itu juga. Jadi biar ngga menjadi PR atau biasanya kamu menjadi harus kerja lembur di kantor untuk menyelesaikan PR pekerjaanmu.

  • Quality Time bareng Keluarga

Yes, Quality Time menjadi hal yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Selama di rumah bisa kamu manfaatkan banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga yang biasanya kamu hanya meluangkan waktu pas weekend aja, sekarang bisa tiap hari. Banyak hal baru juga yang akan kamu dapatkan dari masing-masing anggota keluargamu melihat perkembangannya yang sangat pesat. Kamu bisa juga bermain game bersama keluarga dirumah seperti Playstation, Monopoli, Board Game, UNO Stacko, VR Game, dll.

  • Mencoba Hal Baru

Saat seperti ini tentu waktu yang kamu miliki jauh lebih banyak dari biasanya. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan baru juga yang mungkin belum sempat kamu lakukan karena sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Misalnya bikin aquarium hias/aquascape untuk hiasan rumah, masak menu yang berbeda atau bikin seperti kue baru untuk kue lebaran, dll.

  • Bersih-bersih Rumah

Yahh ini sih sudah seharusnya tiap hari kamu lakukan untuk menjaga kebersihan rumah. Ada kalanya mungkin ruangan-ruangan tertentu yang jarang banget dibersihkan bisa kamu rapihkan mulai saat ini juga, seperti gudang, lemari, dapur, dll biar rumah tempat tinggal kalian tetap terlihat rapih dan bersih. Biasanya saat bersihin rumah ini suka tidak sengaja loh kamu akan menemukan barang-barang yang mengingatkan kenangan masa lalu kamu. Mungkin kamu juga bisa membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar tidak memenuhi ruangan kamu.

  • Membuat Perencanaan Impian

Coba bayangkan kamu ini punya banyak banget impian, tapi karena kesibukan rutinitas sehari-hari membuat dirimu kurang memiliki waktu untuk mengerjakan impianmu yang mungkin hingga saat ini masih belum terwujud sama sekali.  

Kamu coba menuliskan dulu di sebuah kertas apa saja impianmu selama ini, dan kamu bisa hitung sendiri dari tahun kapan kamu memiliki impian tersebut dan bagaimana kabarnya impianmu hari ini?

Pentingnya kamu memiliki impian ini untuk mewujudkan masa depanmu menjadi lebih baik seperti yang kamu inginkan. Langkah pertama yang kamu lakukan menuliskan impian tersebut tentu harus ada ACTION sebagai langkah berikutnya. Kamu bisa menggunakan buku agenda seperti DreamPlanner sebagai ACTION langkah kedua hingga seterusnya untuk mewujudkan impianmu menjadi nyata.

Jadi itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ini juga biar ngga mager dan rebahan terus. Selalu ingat semua orang punya 24 jam yang sama, tapi yang membedakannya adalah ACTION yang dilakukan untuk produktif mewujudkan impian.

Tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan disekitarmu

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment