Soloensis

Mall Tradisional Yaa Pasar Klewer

Coba kita flasback beberapa tahun yang lalu, sekitar 27 Desember 2014 malam, telah terjadi musibah kebakaran menimpa Pasar Klewer Solo. Yang dimana Pasar Klewer adalah salah satu ikon Kota Solo dan juga merupakan pasar legendaries di Indonesia. Setelah terjadinya kebakaran, Pasar Klewer kembali dibangun dengan gedung yang terlihat megah dan memiliki nama baru yakni Pasar Rakyat Klewer, yang telah diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowidodo, pada 21 April 2017.

Pasar Klewer kembali bangkit setelah sekian lama kurang lebih sekitar 1,5 tahun pembangunan dilakukan. kini Pasar Klewer maju berkembang dan tak mau kalah dengan Pasar Moderen atau bisa kita sebut dengan Mall. Karna Pasar Klewer menyediakan berbagai macam produk yang harganya lebih murah dibandingkan dengan Pasar Moderen (Mall). Pasar Klewer tidak hanya sebagai destinasi pusat perbelanjaan di kota solo, tetapi juga sebagai tempat wisata. Jadi bagi wisatawan wajib datang ke Pasar Klewer, kalau belum dateng ke sini bisa dibilang belum afdol jalan-jalannya.

Pasar Klewer menyediakan berbagai macam jenis kain dan pakaian mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, orang tua, pakaian resmi, pakaian sekolah, pakaian kemeja wanita dan pakaian santai. Selain itu, terdapat kaos, celana, jaket, dasi, kain bahan katun hingga sutra Namun, yang menonjol di Pasar klewer adalah adanya berbagai macam jenis batik. Di antaranya batik tulis Solo, batik cap, batik antik keraton, batik pantai keraton Solo dan batik putri Solo. Di pasar ini juga tersedia kain batik untuk baju, seprai, sarung bantal dan aksesori-aksesori bermotif batik.

Selain terkenal dengan pusat batik, pasar ini menyediakan makanan, kerajinan, pernak-pernik, barang elektronik, emas dan peralatan dapur. Ada juga kerajinan khas masyarakat Solo yang berkualitas ekspor, seperti cermin kayu ukir, kaca ukir dan berbagai cenderamata berbahan dasar kaca. Pokoknya komplit.

Tidak hanya produk yang harganya lebih murah, tetapi fasilitas yang ada di Pasar Klewer ini juga tidak kalah dengan mall-mall. Kini Pasar Klewer dilengkapi dengan Lift Dan Escalator sebagai alat transportasi vertikal bangunan di pasar ini. Tetapi tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang takut naik Lift Dan Escalator terutama ibu-ibu yang sudah sepuh, disini juga masih disediakan anak tangga yang lebar dan luas.

Aku kasih tau nih biar kalian nggk bingung, Pasar Klewer terdiri dari 4 lantai yakni Basement, tempat parkir. Semi Basement, grosiran khusus yang bukan batik. Lantai 1, grosir dan eceran khusus batik. Dan Lantai 2 tidak hanya baju tetapi di lantai dua juga ada pedagang kuliner, buah, oleh-oleh acesoris. Jadi buat kalian yang belum dateng kesini silahkan berkunjung dan menikmati tradisi tawar menawar di Pasar Klewer ini.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Diyan Hidayah

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment