Soloensis

Mau Terjun Ke Bisnis Online? Yuk Kenali Istilah-Istilah Bisnis Online Ini

Bermacam penawaran menarik siap membuat Anda tertarik. Anda akan menggerakkan jempol dan mengeklik tombol berbelanja untuk beberapa barang keperluan dengan online.

Tetapi, sebelum mengawali berbelanja online, sebaiknya untuk kenal beberapa arti yang sering dipakai oleh beberapa “sista” atau “agan”di lapak jual beli daring.

Ini penting, supaya Anda tidak bingung waktu lakukan komunikasi sebelum bertransaksi dengan mereka.

Di bawah ini beberapa arti yang banyak dipakai dalam proses jual beli di lapak online. Beberapa tentu pernah dengar dan tahu arti istilah-istilah ini, tetapi tentu berada di di antara calon konsumen yang belum tahu arti atau serta tidak pernah mendengarnya.

BM

Black market ialah arti yang dipakai untuk menyebutkan barang yang datang dari jalan tidak resmi atau ilegal (pasar gelap). Barang-barang BM umumnya datang dari barang selundupan import yang tidak terserang ongkos bea cukai.

Ini yang barang BM punya harga yang tambah lebih murah dari aslinya dengan kualitas yang sama. Namun barang BM ini tidak punya garansi resmi, jadi jika berlangsung masalah peranan dan sebagainya tidak dapat di klaim garansi.

DP

Down payment atau biasa dipersingkat dengan DP mengacu pada uang muka yang diberikan seorang konsumen pada penjual untuk dapat beli satu produk dengan skema pembayaran berjangka (credit).

Umumnya, besaran DP memengaruhi besaran angsuran yang perlu diberi tiap bulannya. Diberikannya uang DP sangat mungkin konsumen untuk dapat bawa pulang barang yang dibelinya walau pembayaran belum dilunasi.

PL

PL punya dua arti di dunia jual beli online, yaitu preloved dan price list.

Preloved berarti barang sisa yang masih punya kondisi bagus dan dapat digunakan kembali. Sebetulnya preloved sama artinya dengan barang second atau sisa. Tetapi, barang preloved lebih terjamin dari sisi kualitas sebab dalam kondisi relatif tidak jauh dari kondisi baru.

Sesaat price list ialah daftar harga yang dipunyai oleh satu toko atau penyedia produk atas bermacam barang atau layanan yang ditawarkan.

Price list biasa disiapkan oleh pedagang untuk menjawab pertanyaan konsumen mengenai harga-harga produk yang ada, hingga tak perlu panjang lebar menjelaskan.

UP

Arti Up dalam bahasa inggris ialah ke atas. Tujuannya adalah konsumen tidak tertarik untuk beli barang hingga mempersilahkan konsumen lain untuk membelinya, hingga dapat disebutkan Up atau silakan yang atas.

Umumnya arti ini dipakai di Facebook atau komunitas online Kaskus.

PM

Personal message (PM) bila diartikan dalam bahasa Indonesia ialah ‘japri’ atau jalan pribadi. Tujuannya, komunikasi yang dikerjakan antar-pembeli dan penjual akan dikerjakan melalui ruangan chat pribadi, bukan lewat komunitas atau grup.

Ini umumnya untuk mengulas hal yang dipandang private, dapat tentang alamat, tawar-menawar harga, dan sebagainya.

PO

Pre order ialah skema pemesanan barang sebelum waktu produksi datang. Produk-produk pre order umumnya mencakup baju, sepatu, handphone, dan lain-lain.

Penjual buka waktu pemesanan sampai waktu khusus, kemudian barang akan diproduksi dan diantar ke pemesan.

BIB

Back in box berarti barang baru yang pernah dikeluarkan dari kardusnya atau tempatnya, tetapi tidak pernah dipakai.

Contohnya, barang itu untuk dipamerkan di toko dan sebagainya. Barang ini selanjutnya dikembalikan ke boks aslinya sebab akan di jual.

BU

Bila ada penjual yang memakai singkatan BU atau BUC dalam tawarkan barang atau jasanya, itu berarti ia sedang memerlukan dana dalam tempo menekan.

Hingga dia jual suatu hal pada harga yang tidak demikian tinggi, yang penting baginya ialah memperoleh uang yang diperlukan dalam tempo selekasnya.

COD

Arti yang satu ini sangat familiar di golongan warga, lebih yang sering belanja dengan online. COD atau Kontan on delivery artinya pembayaran dikerjakan dengan tunai waktu barang diberikan scecara langsung oleh penjual pada konsumen.

Waktu dan tempat COD umumnya dipastikan berdasar kedua pihak. Skema COD dapat kurangi efek penipuan baik dari faksi konsumen (pembayaran) atau penjual (kualitas barang).

CLBK dalam jual beli online bukan berarti cinta lama bersemi kembali, tetapi “chat lama beli kagak”. Arti ini sering dipakai oleh penjual waktu menjumpai konsumen yang banyak menanyakan lewat chat tetapi tidak lakukan transaksi apa saja.

Singkatan ini dapat diartikan jadi kekecewaan beberapa pedagang yang hadapi konsumen PHP (penyebar keinginan palsu). Banyak bertanya, dilayani, tetapi malah selesai dengan tidak beli apa saja.

Rekber

Rekber ialah singkatan dari rekening bersamanya. Rekber jadi penghubung atau faksi ke-3 yang menolong keamanan dan kenyamanan transaksi online, baik buat faksi konsumen atau penjual.

PEWARTA : https://pewarta-indonesia.com/2020/09/zona-duit/
UNIDAR : https://ji133.student.unidar.ac.id/2020/10/zona-duit.html
UNILA : https://komunitas.feb.unila.ac.id/candrabi/zona-duit/
UAJY : https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2020/09/28/zona-duit/

Awalnya kedua pihak sudah setuju untuk memakai rekber, selanjutnya pembeli mentransfer ongkos yang ada pada pihak ketiga. Pihak ketiga memverifikasi uang sudah diterima.

Selanjutnya penjual kirim barang pada konsumen. Sesudah konsumen memverifikasi sudah terima barang yang dipesan, pihak ketiga ini mengirim uang pembayaran yang sudah diterima dari konsumen ke penjual.

WTS

WTS atau want to sell yang berarti ‘ingin menjual’ ialah arti yang dipakai penjual yang tengah tawarkan barang khusus.

WTB

Sebaliknya, WTB atau want to buy yang berarti ‘ingin beli’ dilemparkan oleh calon konsumen yang inginkan satu produk atau layanan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment