Soloensis

PASAR KLEWER SOLO

Jika berkunjung ke Solo, rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Pasar Klewer. Pasar tekstil terbesar di Solo ini terletak di JL. DR. Radjiman No. 5A, Gajahan, Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Buka mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Pasar klewer ini juga termasuk ikon Kota Solo. Berbagai macam pakaian ada di pasar ini. Mulai dari pakaian tradisional sampai pakaian modern, mulai dari pakaian anak-anak hingga pakaian untuk dewasa. Bahkan seragam sekolah, baju kantor ada di pasar ini. Pasar Klewer ini juga menjadi rujukan para pedagang di Pulau Jawa.

Sebuah insiden besar terjadi pada tanggal 27 Desember 2014. Pasar Klewer di lalap si jago merah. Api yang sangat besar meluluh lantahkan seluruh Pasar Klewer. Dibutuhkan sekitar 30 pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Butuh waktu yang cukup lama untuk mematikan si jago merah. “kerugian saya lumayan banyak, soalnya barang dagangan saya kan banyak yang disini trus ada sejumlah uang juga yang saya tinggal”, ungkap Siti.

Jumlah kerugian dari seluruh pedagang mencapai triliunan rupiah. Maklum, hampir sekitar 3000 pedagang ada di pasar ini. Terjadi simpang siur kabar penyebab kebakaran ini. Ada yang mengatakan bahwa kebakaran ini memang di sengaja supaya para pedagang pindah sementara agar Pasar Klewer bisa direnovasi dan terlihat lebih modern. Ada juga yang mengatakan bahwa terjadi konslet listrik di sekitar blok D lalu terjadi kebakaran.

Lalu, bagaimana nasib pedagang setelah kebakaran? Walikota Solo menyediakan pasar darurat untuk para pedagang. Pasar ini terletak di Alun-Alun Utara kota Solo, tetapi tidak semuanya dipindahkan di Alun-Alun Utara. Ada juga yang dipindahkan di sekitar Pusat Grosir Solo (PGS).

Setelah kurang lebih 4 tahun, Pasar Klewer selesai direnovasi. Tepat pada tanggal 21 April 2018, Pasar Klewer yang baru resmi dibuka. Dan, para pedagang sudah bisa berjualan seperti sedia kala. Kini, Pasar Klewer terlihat lebih modern dan tampak lebih bersih.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    shofiana maghfira hadi putri

    Add comment