Soloensis

GPK dan GPP

GPK VS GPP
Gilingan Padi Keliling ( GPK) dan Gilingan Padi Permanen ( GPP) sama –sama bergerak dalam dunia penggilingan padi. Keduanya melayani pembuatan beras untuk konsumen. Baik rumahan ataupun pabrikan.
Muncul bentrokan adu fisik untuk berebut lahan. Antara penggilingan padi permanen dan keliling. Terjadi di desa Gesikan Gantiwarno Klaten. Aksi pelemparan kepada armada selep padi kelilingan. Dengan maksud agar tak masuk kawasan pemilik selep padi permanen.
Mengadopsi seperti kelilingannya pedagang sayur. Dapat saja sebagai jawaban penggilingan padi keliling untuk mudahkan konsumen. Hanya di rumah sudah didatangi penggilingan. Modifiikasi angkot dengan mesin giling padi. Bisa dibawa keliling lintas antar desa. Peralatan giling praktis yang menjadi solusi konsumen. Mengatasi jarak antara pelayanan dan konsumennya.
Tinggal siapkan padinya undang saja sudah cukup. Lain hal bila harus bawa padi ke penggilingan permanen. Walau ada yang pasang nomor hand phone tinggal panggil sudah dijemput. Pelayanan konsumen yang lebih memanjakan untuk tidak usah membawa barangnya.
Konsumen yang dimanjakan menjadi layanan utama. Termasuk dapat menikmati penyedia jasa selep padi . Dari mesin giling yang beroperasi permanen. Hingga kini ditemukan mesin giling yang keliling. Menawarkan jasa untuk melakukan giling gabah.
Mulai mengusik pemilik GPP. Inilah yang menyebabkan pertentangan hingga dalam bentuk usir dari kawasan pemilik selep permanen. Terjadi di desa Gesikan Ganti Warno Klaten. Sebagaimana pelemparan dan pengusiran terhadap selep keliling. Yang akhir-akhir ini merebak dan mengurangi dan mematikan usahanya.
Tadinya dapat menggiling di sekitar desa hingga berton-ton kini hanya tinggal kwintalan saja. Merosot tajam akibat serbuan gilingan keliling. Menjadi usikan yang selama ini telah nyaman.
Pajak yang dibayar oleh penggiling permanen. Retribusi tahunan yang diminta dinas perpajakan. Menyangkut keberadaannya yang macet apakah masih terus pajak. Dengan berdalih inilah minta ditindak untuk menghentikan laju gilingan keliling. Dapat saja protes dengan keberatan adanya kelilingan yang memasuki kawasan giling permann.
Tertibkan dengan peraturan hukum yang berlaku. Layaknya sebagai retribusi yang mengikat dengan kawasan tertentu yang jauh dari kawasan giling padi permanen.Selep permanen yang kena pajak
Perebutan yang menimbulkan kontra pertengkaran. Harus menghalau dari kawasan selep permanen. Soalnya juga sama cari pemasukan untuk operasional dan juga pajak usaha. Munculnya selep kelilingan menjadi dilema yang dapat menjadi pemacu persaingan usaha.
Tegakkan dengan aturan main yang jelas. Hukum yang mengikat agar tertib dan berjalan dengan baik.
Tertibkan ijin. Memintan pemerintah yang mengurusi perhubungan dan ijin usaha. Jangan sampai terjadi saling menggasak area GPP. Karena beban pajak yang ditarik oleh pemerintah. Tindakan ini mempengaruhi hasil. Sampai menyulut tak mengindahkan untuk membayar pajak.
Ambil tindakan dan perlindungan terhadap masyarakat yang juga mempunyai hak hidup.

Apakah tulisan ini membantu ?

wiyono AS

Guru Penjas SDN Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. Motto
Tulis tulis Selalu ( TTS) agar Terus teringat selalu ( TTS).

View all posts

Add comment