Soloensis

Debat, Uji Kemampuan dan Wawasan

Sejak reformasi 1998, bangsa Indonesia kerap disuguhi adu argumentasi (debat) dari tokoh-tokoh politik. Maka tidak mengherankan debat juga menjadi salah satu acara favorit berbagai stasiun televisi bait TVRI maupun TV Swasta.

Pasalnya debat merupakan uji kemampuan dan wawasan bagi pihak pihak yang berkepentingan demi mempertahankan argumentasi. Oleh karena itu demi menyikapi dan mendorong pemahaman dan belajar berdebat yang konstruktif, SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta menyelenggarakan Lomba debat antar SMA/SMK se Jateng DIY, Jumat (16/10/15) sebagai salah satu tujuannya.

Sejumlah 12 tim debat berlaga untuk menunjukkan eksistensinya. Antara lain tim dari SMA Negeri 5, SMAN 7, SMK Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA PL Don Bosko Semarang, SMA PL Giriwoyo Wonogiri dan SMA PL Van Lith Muntilan. Dan masing masing tim mengumpulkan makalah sesuai aturan penjurian selain konsistensi, ide, gagasan, performance dan kemampuan berargumentasi.

Menurut Koordinator Lomba Debat, Agustinus Heruwanto S.Pd., kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. Apalagi tema yang ditawarkan “pilkada serentak,” merupakan tema yang up to date (terbaru). Sebagai calon pemilih pemula perlu paham dan mengerti aturan dalam berdemokrasi. “ Kompetisi ini sebagai upaya mengembangkan soft skill siswa,” ucap waka kesiswaan ini.

Tim Yuri terdiri dari Heri Priyatmoko SS. MA (kolumnis dan dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Kiki Dian (wartawan) dan Yulianto SE. MM. Ak., CA. (dosen USB dan pegiat politik). Menurut Heri, kegiatan ini sangat menarik dan menantang siswa SMA untuk berpikir kritis bagi pelajar. “ Untuk waktu pelaksanaan debat idealnya bisa lebih lama, karena memang menarik,” tandasnya.

Akhir dari debat, juara1 diraih tim SMA N 7 Surakarta dengan jumlah nilai 2.268, kedua SMA PL Van Lith Muntilan dengan jumlah nilai 2.235 dan ketiga dari SMK Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah nilai 2.180. Para juara mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang dierahkan Kepala Sekolah SMA PL Santo Yosef, Br. Yohanes Sudaryono M.Pd. FIC.

Juru Bicara SMA N 7, Tri Setyo Budi merasa senang dan bangga dengan kemenangan ini. “ tahun lalu saya juga ikut dalam lomba debat ini namun belum mampu mendapatkan juara. Kali ini kesempatan kedua,” ujarnya dengan didampingi pasangan timnya, Erika Pradana Yunianto dan Hasna Noor Alifa. (han)

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment