Soloensis

PENGARUH BEGADANG

Pengaruh Begadang Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

oleh    :   indah purnama kaloko

mahasiswa FKM UINSU Sumatera Utara

 

 

 (tribunnewsbogor.com) mengatakan. Dalam kasus begadang ada seorang  pria yang bernama Xu. Ia selalu tidur di atas jam 12 malam hingga akhirnya ia jatuh koma. Seperti yang dilansir oleh The Paper, Xu yang bekerja di Nanjing terpaksa tidur sampai tengah malam selama 10 hari karena ia harus menangani masalah penting di perusahaanya. Namun pada tanggal 16 Mei 2019, ia tiba-tiba pingsan dan koma. Dokter menemukan Xu menderita pendarahan hebat di saluran pencernaannya.  Selain itu, Xu juga menderita hipoksia (kekurangan oksigen mencapai jaringan) dan iskemia (pasokan darah yang tidak memadai ke organ atau bagian tubuh). Setelah penanganan berjam-jam, kondisi Xu akhirnya stabil. Dokter berkata pendarahan yang  terjadi pada Xu kemungkinan disebabkan oleh operasi usus yang pernah dijalaninya dulu. Dokter mengatakan bahwa begadang itu buruk bagi tubuh. Hal itu memungkinkan menyebabkan luka lamanya robek dan pecah, yang hampir merenggut nyawanya. dokter memperingatkan, jika seseorang menderita gangguan sistem pencernaan, maka begadang akan membuatnya semakin buruk.

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Kebanyakan mahasiswa menganggap begadang adalah hal yang sepele. Kebiasaan begadang akan cepat dan lambat dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, begadang akan membuat tubuh anda memforsir kerja otak dan tubuh anda melebihi limit tubuh manusia setiap harinya, dan juga akibat begadang membuat kerja jantung lebih berat. Masih banyak lagi bahaya lainnya seperti, kadar gula darah naik, rasa lelah, gangguan mood hingga depresi, bahkan kematian.

Sesungguhnya Nabi SAW membenci ketika seorang muslim begadang. Sebagaimna disebutkan dalam sebuah hadis dari Abu Barzah r.a. beliau mengatakan “Nabi SAW membenci tidur sebelum isya dan beliau tidak menyukai obrolan setelah isya. (HR. Ahmad, no.19781 dan ibn Khuzaimah, no.1339). beliau menasehatkan agar kita berusaha bersungguh-sungguh dalam hidupnya. Melakukan hal yang tidak menyia-nyiakan waktunya.

Begadang juga bisa membuat orang menyia-nyiakan waktunya. Padahal, Allah akan menanyakan di hari akhir nanti, untuk apa saja waktu dimanfaatkan seseorang, seperti tertuang dalam hadis Ad Darimi dari Muadz “kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat, sampai ditanya empat hal: (salah satunya), tentang umurnya, untuk apa dia habiskan…”(HR. Ad-Darimi, no.556).

Bagi mahasiswa begadang mungkin menjadi salah satu rutinitas yang kerap dilakukan. Padahal, begadang sendiri memiliki dampak yang kurang baik, apalagi keesokan harinya mereka harus menjalani rutinitas kuliah. Beberapa alasan mengapa mahasiswa begadang salah satunya adalah tugas. Tugas merupakan salah satu alasan mahasiswa begadang, padahal mereka bisa mengerjakan tugas kuliah sedikit demi sedikit sehingga tidak harus mengorbankan waktu istirahat.

(Redaksi halodoc). Bagaimana seorang mahasiswa membuat pola hidup agar tidak begadang.

Berikut beberapa pola hidup sehat agar anda terhindar dari begadang:

1. Berkomitmen atau janji pada diri sendiri untuk hidup sehat.

Untuk anda yang ingin mengurangi kebiasaan begadang, cara yang baik adalah anda harus berkomitmen  untuk hidup sehat, yaitu biasakan tidur jam 08.00 dan bangun pada jam 04.00 begitu setiap harinya. Maka komitmen ini sangat baik untuk kesehatan.

2. Buatlah tidur anda senyaman mungkin

Untuk mengurangi kebiasaan begadang, membuat suasana tidur yang nyaman itu sangat penting. Bisa anda peroleh dengan cara membersihkan terlebih dahulu tempat tidur. Dan apabila anda lebih nyaman tidur dalam keadaan lampu yang dimatikan itu lebih baik dibandingkan tidur dengan keadaan lampu yang hidup. Tapi yang penting bagaimana cara anda untuk membuat tidur senyaman mungkin.

3. Menjaga pola hidup sehat, 

Untuk menjaga pola hidup sehat, anda bisa melakukan olahraga sebelum dan sesudah tidur . Untuk olahraga sebelum tidur bisa dilakukan dengan berolahraga ringan seperti gerakan 5 menit yaitu yoga ringan. Setelah bangun tidur lebih baik minum air putih secukupnya dan makan makanan yang bergizi. Apabila anda selesai makan, jangan langsung tidur karena dapat mengakibatkan proses pencernaan terganggu. Mematikan telepon ataupun  komputer agar tidak terganggu. 

4. Rilekskan tubuh dan pikiran.

Sebelum tidur, anda perlu merileksasikan pikiran anda, tarik nafas secara perlahan lalu buang. Buang semua pikiran tentang tugas yang belum terselesaikan.

5. Hindari merokok dan minum kopi sebelum tidur.

Rokok dan kopi mengandung kafein yang membuat tubuh anda tidak beristirahat dengan maksimal. Maka dari itu anda harus menghindari, mencegah dan menghilangkan kebiasaan merokok dan minum kopi sebelum tidur.

6. Jangan menonton televisi dan bermain telepon ataupun komputer sampai larut malam.

 Walaupun tayangan tersebut sangat menghibur bahkan sampai larut malam, anda harus sebisa mungkin menghindarinya. Karena apabila ini dilakukan setiap harinya, akan membuat anda sulit tidur. 

Demikianlah artikel yang saya buat.

Semoga bermanfaate

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Indah Kaloko

    Mahasiswa universitas islam negeri sumatera utara

    View all posts

    Add comment