Soloensis

Inilah Alasan Mengapa Ada Perumahan Subsidi di Tangerang

Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sehingga, pemerintah akan memberikan subsidi bagi golongan masyarakat yang tidak mampu membeli rumah. Di berbagai daerah kini sudah mulai dibangun hunian tersebut. Misalnya saja, perumahan subsidi di Tangerang.

Beberapa Alasan Pemerintah Memberikan Rumah Subsidi di Tangerang

Program rumah bersubsidi tentu bukan tanpa tujuan. Ada berbagai alasan dan sasaran capaian yang diharapkan. Khususnya berkaitan dengan kesejahteraan warganya. Berikut adalah beberapa alasan program rumah bersubsidi yang dilakukan oleh pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak.

Menyediakan Fasilitas Hunian Memadai kepada Masyarakat Tidak Mampu

Tujuan utama dari rumah bersubsidi adalah agar golongan masyarakat tidak mampu bisa hidup dengan layak dan memadai. Mengingat Indonesia adalah negara berkembang yang sebagian rakyatnya masih hidup dalam kekurangan.

Setidaknya dengan program rumah bersubsidi, akan dapat mengurangi jumlah masyarakat yang hidup di bawah standar.

Mengurangi Tingkat Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial di negara berkembang tentu masih sering ditemui. Apalagi dengan semakin jelasnya batas si kaya dan si miskin. Oleh karena itu, adanya rumah bersubsidi ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kesenjangan sosial.

Dengan begitu, setiap orang akan merasa hidup dengan baik dan berkecukupan. Serta dipimpin oleh pemerintahan yang memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Terlebih golongan rakyat dengan tingkat ekonomi lemah.

Memudahkan Masyarakat untuk Mendapatkan Tempat Tinggal

Bagi sebagian masyarakat, membeli sebuah rumah adalah hal yang sangat sulit bahkan tidak mungkin. Oleh karena itu, adanya program perumahan subsidi di Tangerang ini dapat memudahkan mereka memperoleh rumah impian terbaik.

Rumah dengan subsidi memungkinkan masyarakat tertentu dapat membeli rumah, namun dengan harga yang jauh di bawah rata-rata. Sehingga, hal ini akan dapat mengurangi beban hidup mereka yang serba kekurangan.

Mengurangi Kemiskinan Negara

Semakin sejahtera rakyatnya, maka negara akan semakin terangkat dari taraf kemiskinan. Salah satu ukuran sejahtera adalah memiliki rumah sendiri. Sehingga, program rumah bersubsidi sudah pasti dapat mengurangi tingkat kemiskinan negara jika diberlakukan secara optimal.

Sebagai Bentuk Pemerataan Penduduk

Tidak hanya itu, rumah bersubsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat tertentu juga dijadikan sebagai sarana untuk pemerataan penduduk. Dimana, kawasan yang terlalu padat penduduk dengan jumlah masyarakat pra sejahtera yang tinggi akan dapat dikurangi.

Mereka akan mendapatkan rumah murah di kawasan yang tidak terlalu padat. Sehingga, dapat hidup dengan tenang dan nyaman.

Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan

Memiliki hunian yang nyaman dan memadai dengan harga murah sudah pasti memberikan kebahagiaan tersendiri. Hal ini akan menciptakan hubungan keluarga dan masyarakat yang lebih harmonis dibandingkan dengan tinggal di kawasan kumuh dan kotor.

Selain itu, kesehatan masyarakat juga akan semakin meningkat karena kondisi lingkungan sekitar yang bersih dan harmonis. Inilah yang diharapkan oleh negara kepada masyarakatnya. Bahkan, harapannya setelah mendapatkan rumah terbaik mereka akan semakin semangat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup.

Adapun untuk kualitas perumahan subsidi tidak perlu dikhawatirkan karena pembangunan di dalamnya sudah dilakukan sesuai dengan standar. Material yang digunakan pun juga cukup memadai sehingga akan tahan dalam waktu cukup lama. Beberapa jenis bangunan rumah subsidi pun sudah dipastikan berstandar.

Perumahan subsidi di Tangerang didesain sedemikian rupa agar nyaman ditempati semua orang. Ukuran rumahnya pun tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar sehingga sangat proporsional. Masyarakat dijamin lebih mudah dengan memanfaatkan fasilitas akses rumah bersubsidi ini.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment