Soloensis

6 Cara Simpel Merawat Kucing Kesayangan

Walaupun kucing termasuk hewan yang tergolong mandiri, tetapi nyatanya kucing juga membutuhkan pemeliharaan dan perawat yang bagus sehingga tetap sehat.

Memelihara kucing bisa dijalankan dengan 2 sistem yakni di kandang dan tak ada kandang.

Sebetulnya, kedua cara tersebut membutuhkan perawatan yang sama, tetapi merawat kucing tanpa kandang bisa dikatakan lebih bagus sebab kucing lebih bebas, sehingga mereka bisa bermain dengan bebas dan mencegah kucing dari stres yang berlebihan seperti kucing terkunci di kandang.

Di sini, kami memiliki tutorial atau sistem merawat kucing tanpa kandang yang bisa ditiru agar kucing konsisten dalam keadaan yang sehat.

1. Pahami Keperluan dan Asupan Gizi Kucing

Banyak yang tak tau, bila anak kucing membutuhkan dua kali jumlah yang lebih besar daripada nutrisi kucing dewasa? Namun bukan berarti wajib diberikan makan terus ya!

Lazimnya, anak kucing mulai belajar bagaimana untuk makan sesudah umur 5-6 pekan, walaupun masih menyusu ibunya. Pastikan Anda juga memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk kesehatan kucing.

2. Kucing ialah karnivora alami!

Berilah kucing daging, seperti daging ayam, ikan, atau sapi. Hindara makanan yang berasal dari tumbuhan, karna makanan tersebut tak mampu dicerna oleh kucing.

Banyak sekali yang memberikan makan kucing berupa sayuran dan nasi, padahal akan membuat kotoran kucing membuat lebih berbau dibandingkan diberikan makanan daging.

3. Mandikan kucing dengan teratur

Banyak yang merasa tak nyaman dengan bulu kucing yang berbau? Boleh kok memandikannya sekali-sekali. Bila memandikannya, sebaiknya anda memilih dengan air dingin, karna memandikan dengan air panas akan menyebabkan rusak pada bulunya dan menyebabkan iritasi pada kulit kucing.

Ketika kucing Anda rewel Anda bisa menggunakan tisu basah. Anda juga bisa menyemprotkan parfum khusus kucing ke badanya, agar berbau wangi dan menghindari pertumbuhan kutu.

4. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari

Jikalau umur kucing masuk satu bulan, ibu kucing akan memperkenankan si kucing untuk membersihkan dirinya sendiri. Contohnya saat buang kotoran dan kencing. Jika tidak Anda ajarkan dengan cara yang benar kucing akan terbiasa kecing dan buang kotoran sembarangan.

Karena itu sebaiknya ketika masih kecil, mulailah untuk melatihnya hal hal yang baik pada kucing, Anda bisa menyediakan litter box untuk toiletnya. Sediakan juga tempat makan, minum serta tempat tidur, sehingga si kucing hidupnya teratur.

5. Merawat kebersihan dan kesehatan tubuhnya

Rajinlah untuk selalu membersihkan kuku, gigi, dan kuping kucing. Tempat tersebutlah yang biasanya sangat rentan terhadap kuman dan kuman. Dan bisa jadi akan menimbulkan penyakit dan infeksi pada kucing.

Selain membersihkan tubuh dari luar, dan sesekali memberikan kucing cacing obat dengan teratur selama 3 bulan. Jangan lupa juga diberikan vaksin anti rabies setahun sekali.

6. Memberinya Nama yang Bagus

Sejatinya memberi nama yang bagus akan memberi pengaruh perilaku si kucing, karna sebutan yang bagus akan berakibat positif bagi si kucing.

Tetapi kadang kala dalam memberikan nama kucing kesayangan Anda cukup susah dan membingungkan, terlebih bagi orang yang baru saja memelihara kucing.

Namun dalam memberikan nama kucing kesayangan Anda cukup sulit dan membingungkan, terlebih bagi orang yang baru saja memelihara kucing.

Tapi tenang Anda bisa memberikan nama kucing kesayangan Anda dengan mudah, yaitu dengan mengunjungi websate ini Nurfasta.com di situ Anda akan banyak ide untuk memberikan nama kucing kesayangan Anda.

Kesimpulannya

Pemeliharaan kucing memerlukan tanggung jawab yang besar dan tidak main-main. Selain diperlukan untuk memahami kebutuhannya, Anda juga harus siap direpotkan setiap saat.

Meski kucing adalah binatang peliharaan yang bisa mandiri, tidak ada salahnya jika sesekali memanjakannya. Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara kucing, atau masih pemula, ikutin tips tips diatas ya.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dicky Efendi

    Saya Dicky Efendi Blogger asal kota Surabaya.

    View all posts

    Add comment