Soloensis

SUDAH ADA YANG BARU KENAPA MASIH PILIH YANG LAMA

Pasar, pasti kalian sudah tahu apa itu pasarkan? Pasar biasanya identik dengan jual beli, dari penjual yang beraneka ragam entah itu dari pedagang sayuran, buah, baju dan lain sebagainya. Nah kali ini saya akan membahas tentang Pasar Mangu yang terletak di Kecamatan Ngempalak, Boyolali.

 

Pasar Mangu ini berdiri sudah sangat lama, sehingga banyak sekali bangunan-bangunan, atap pasar dan jalan yang ada di dalam pasar mulai rusak. Hal ini membuat para pedagang pindah halauan, yang pada awalnya mereka berjualan di dalam pasar kini mereka pindah berjualan dipinggir jalan. Dari pindahnya pedagang ke pinggir jalan dan diperparah jalanan yang sudah mulai rusak, membuat jalan yang ada di Pasar Mangu menjadi macet entah itu di pagi hari, siang hari maupun sore hari.

 

Dari banyaknya keluhan pedagang akhirnya dibangunlah pasar yang baru, pasar ini terletak tidak jauh dengan Pasar Mangu itu sendiri. Dari hasil pengamatan saya, dapat saya lihat bangunan pasar yang baru ini cukup terbilang nyaman dan sangat luas, dan sepertinya dapat menampung banyaknya pedagang. Dan pasar yang lama akan di ratakan dan dibuat taman atau lahan terbuka hijau dan memperluas jalan raya untuk mengurangi kemacetan.

 

Setelah bangunan pasar baru ini selesai, entah kenapa para pedagang belum juga pindah dari pasar lama ke pasar yang baru. “Pasar yang baru sudah lama selesai pembangunannya, tapi saya kurang tahu kapan pindah ke sana, katanya sih sebentar lagi tapi gak tahu kapan” ujar salah satu pedagang. Dari kurangnya kepastian ini membuat para pedagang bertanya-tanya, kapan mereka bisa pindah ke pasar yang baru padahal mereka sudah siap pindah.

Padahal pasar yang baru sudah selesai dibangun, tapi kenapa belum pindah juga? Harus menunggu berapa lama lagi? Padahal mereka berharap secepatnya ingin pindah ke pasar baru dan pindah dari pasar yang lama, menempati tempat yang nyman dan aman.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Desi Rahmawati

    Mahasiswa IAIN SURAKARTA jurusan Broadcasting

    View all posts

    Add comment