SOLOENSIS

TREND REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA DUNIA INDUSTRI

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Rinaldy Mulyanto Saputra, dan Wahyu Ari Wibowo
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung
DRS. Osmad Muthaher, Msi.
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung
Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perorangan dalam memasarkan produknya tidak lagi terfokus pada membeli atau menyewa tempat strategis. Di era digital saat ini banyak sekali stratup yang mengusung bisnis marketplace dengan mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara online dengan aman dan nyaman.
Marketplace online Indonesia walaupun usianya masih seumuran jagung baik jumlah anggota, online aktif, took, jumlah produk hingga jumlah transaksi pembelian dan penjualan setiap harinya telah memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat pesat. Selain memberikan jangkauan pasar yang lebih luas dibandingkan dengan marketplace offline, para pelaku stratup ini juga memberikan kemudahan para reseller dengan menjadi anggota secara gratis.
Di sisi pembeli juga diberikan kemudahan untuk mencari barang yang dibutuhkan dengan memilih kategori atau mengetikkan nama barang dan disitu pula ulasan tentang produk, detail produk dan juga harga serta pembeli juga dapat berkomunikasi langsung dengan penjual dengan layanan chatting maupun calling. Jika telah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, maka tinggal mengisi formulir alamat lengkap penririman dan melakukan pembayaran secara transfer.
Startup yang berkembang saat ini sama halnya dengan perusahaan yang berdiri di Indonesia. Mereka juga memiliki organisasi struktural yang mengelola aktivitas dan menjaga tingkat elektabilitas straup tersebut seperti halnya komisaris bertugas untuk pemberian nasihat, direktur bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan, marketing bertugas melakukan optimasi,
content bertugas membuat konten, design bertugas membuat design pengiklanan, HRD bertugas merekut personil dan membuat kebijakan, Legal bertugas mensupport dan mengelola dokumen legalitas, Finance bertugas mengelola keuangan, IT Officer bertugas penyedia layanan sehubungan hardware dan software, Quality Control bertugas memantau perkembangan produk dan jasa, Customer Service bertugas sebagai komunikator.
Startup ini memberikan banyak sekali produk pilihan yang terbagi dalam berbagai kategori dari reseller di seluruh Indonesia. Disamping itu marketplace online juga bisa di manfaatkan para reseller maupun toko retail sebagai tempat pengiklanan produk mereka.
Nah sekarang dengan berbagai kemudahan tersebut, bagaimanakah jaminan kemanannya?
Untuk dapat melakukan transaksi di marketplace online user harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi formulir yeng telah ada di setiap startup yang diminati, baik itu seorang pembeli maupun penjual.
Terkait dengan produk yang dijual oleh para reseller, para pembeli dapat melihat ulasan produk yang telah didiskripsikan oleh para reseller sehingga para pembeli tahu betul kualitas produk tersebut serta juga terdapat fitur yang memperlihatkan jumlah stok yang tersedia.
Para pembeli juga diberikan fasilitas untuk melihat dan memberikan komentar dan juga rating untuk para reseller, sehingga para pembeli tahu mana reseller yang terbaik dan tidak. Dengan fitur ini para reseller akan terus berlomba memberikan layanan terbaik terhadap para customernya, karena jika rating reseller tersebut buruk maka akan tersingkir dengan sendirinya dengan adanya seleksi alam tersebut.
Fasilitas free return juga menjadi pilihan pembeli untuk menentukan pilihan, karena toko yang menggunakan fasilitas tersebut dapat dipastikan bahwa produk tersebut dikirim dengan aman sehingga tidak cacat saat sampai ketangan pembeli dan apabila cacat pembeli dapat pengembalikan tanpa dipungut biaya.
Dan yang membuat customer maupun reseller yakin dan percaya terhadap transaksi online adalah peran serta startup sebagai pihak ketiga yang menampung pembayaran customer pada saat transaksi, dimana customer harus membayar terlebih dahulu sebelum barang dikirim kemudian pembayaran tersebut akan diterima startup dan dikirimkan kepada reseller setelah barang dipastikan diterima oleh customer.
Dari berbagai kemudahan, fasilitas, dan juga keamanan yang diberikan para pelaku stratup tersebut, tentunya marketplace online mulai dijadikan pilihan oleh para pembeli karena tanpa harus datang langsung ke toko mereka dapat membeli dan melihat produk – produk yang ditawarkan oleh para reseller. Dan juga marketplace online dapat dijadikan peluang bisnis baru di dunia digital marketing.
Referensi :
http://anitanindyadesielvingandis.blogspot.com/2015/10/e-commerce.html
https://id.wikipedia.org/wiki/tokopedia
https://visimisi95.blogspot.co.id/2018/02/visi-misi-visi-dan-misitujjuan-motto.html
http://mynameisyudhis.blogspot.co.id/2016/09/struktur-diagram-informasi-system.html
http://psikomanajementokopedia.blogspot.co.id/2016/01/tokopedia.html
http://materikuliahkublog.blogspot.co.id/2017/04/makalah-studi-kasus-tokopedia.html

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Wahyu Ari

Add comment