Soloensis

Berita teknologi yang sedang hangat

Awas! Virus Komputer Ini Mengunci Komputermu Jika Tidak Memainkan PUBG!

00-d-ransomware-PUBG

Tak perlu diragukan, Playerunknown’s Battlegrounds merupakan game terpanas tahun ini. Layaknya DOTA, PUBG juga merupakan game trendsetter yang memperkenalkan genre video game baru. Namun di balik kesuksesannya, ternyata ada sekelompok orang tidak bertanggung jawab yang mendompleng nama PUBG demi tujuan culas mereka.

04 ransomware PUBG

Yang satu ini nggak ada hubungannya dengan cheat di PUBG. (Sumber: CGTN)

Dilaporkan bahwa sebuah virus komputer jenis ransomware berhasil dideteksi, dan memanfaatkan game PUBG dalam modus operandinya. Ransomware sendiri adalah jenis virus yang bia mengunci seluruh isi komputer kecuali jika membayar uang tebusan. Salah satu jenis ransomware populer adalah WannaCry yang sempat menghebohkan dunia.

Lalu, apa hubungannya ransomware yang satu ini dengan game PUBG? Ransomware ini memiliki modus yang sama dengan berbagai ransomware pada umumnya. Namun alih-alih meminta uang tebusan, “ransomware PUBG” ini hanya meminta pengguna untuk bermain PUBG selama satu jam saja!

01 ransomware PUBG

Tampilan virus ransomware PUBG. (Sumber: Vice)

“File Anda telah dienkripsi oleh PUBG Ransomware!” tulis pesan yang ditampilkan virus tersebut. “Tapi, jangan kuatir! Tidak sulit untuk membuka kuncinya. Saya tidak mau uang! Anda hanya perlu bermain PUBG 1 jam saja!”

Berdasarkan riset pakar keamanan komputer, ransomware PUBG ini memang benar-benar mengunci file komputer yang dijangkitinya. Namun, cara untuk membuka enkripsi ini cukup mudah. Ternyata, file komputer yang dikunci hanya yang berada dalam desktop saja. Kamu pun nggak perlu memainkan PUBG selama 1 jam untuk membuka enkripsinya. Dalam 3 menit saja, enkripsi akan terbuka secara otomatis.

02-ransomware-PUBG

Analisis ransomware PUBG dari berbagai antivirus. (Sumber: SensorTechForum)

Kalau kamu nggak punya game PUBG atau lebih suka main Fortnite, ada cara lain untuk menghapus ransomware ini. Kamu bisa menghapus ransomware PUBG dengan memasukkan kata sandi yang diberikan cuma-cuma oleh pembuatnya. Saat kamu mendapatkan pesan dari ransomware PUBG, di bawahnya tertera restore code untuk membuka enkripsi file. Nah loh!

Sebenarnya, apa tujuan si pembuat virus dengan menyebarkan ransomware PUBG ini? Kalau tujuannya bukan uang, lalu apa? Mungkin bisa jadi si pembuat virus tengah mempelajari teknik-teknik hacking. Ia mempelajari bagaimana metode virus dalam menjangkiti komputer korban. Dalam komunitas hacking, hal ini bukan sesuatu yang asing. Banyak hacker yang meng-hack sebuah website dan mengganti tampilannya untuk sekedar belajar.

Atau, kita juga bisa simpulkan kalau hacker tersebut hanya iseng dan ingin membuat lelucon. Jika benar, sayangnya lelucon ini lumayan keterlaluan juga.

03-ransomware-PUBG

Hacker juga manusia yang harus belajar dan bisa bosan. (Sumber: Hack Defender)

Meskipun secara teknis tidak ada kerugian dari beredarnya virus ini, namun tetap saja hal ini mengganggu pemilik komputer yang terjangkit ransomware PUBG ini. Pun demikian dengan komunitas gamer PUBG yang merasa fanbase mereka mendapatkan citra buruk dari virus ini.

Nah, kalau sudah begini mungkin kamu harus mulai memantapkan sistem keamanan komputer kamu. Jangan lupa untuk menginstall dan mengupdate antivirus, serta berhati-hati dengan webite yang kamu buka setiap harinya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Galang Desdwiansyah

    Artikel tentang berita yang beredar

    View all posts

    Add comment