Soloensis

SI GEMBOLNG DARI PASAR KLEPU

SI GEMBLONG DARI PASAR KLEPU

Bumi nusantara memang memiliki ragam budaya yang sangat kaya tak terkecuali masalah kulinernya, jajanan tradisional seperti jajanan pasar masih banyak ditemui diberbagai tempat baik di pasar tradisional maupun modern. Namun, Apakah anda familiar dengan Gemblong? Gemblong merupakan jajanan pasar yang terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleti dengan kalis, kemudian dibentuk menjadi bola bola setelah itu digoreng dan terakhir dilumeri cairan yang terbuat dari gula jawa.

Ditengah menurunnya jumlah pedagang yang menjajakan jajanan pasar, disalah satu pasar tradisional diceper,klaten, jawa tengah masih melestarikan jajanan pasar yang satu ini, selain karena peminatnya masih banyak gemblong juga menjadi suatu simbol iconik dari pasar ini dan sering disebut pasar gemblongan. 

Sebutan itu tidak lain karena gemblong yang dijajakan dipasar ini berbeda dengan pasar lainnya gemblong dipasar ini terkenal lembut dan lumer dimulut terlepas dari semakin menurunnya pedagang yang menjajakan kue tradisional ini gemblong masih ramai peminat bahkan seringkali sudah habis sebelum fajar membentang.biasanya gemblong dipasarkan bersama gethuk,putri ayu dll. Para pedagang kue tradisional disini juga tidak semua lanjut usia, melainkan kaum muda kini melihat jajanan par sebagai peluang usaha yang menjanjikan mengingat semakin sedikit pedagang kue jajanan pasar semakin tinggi peminatnya walaupun begitu mereka tetap tidak akan menurunkan kualitas dari gemblong yang telah sejak berabad abad menjadi ciri khas dari pasar ini.  

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Laila Diyah Anggraini

    Saya adalah seorang mahasiswi disebuah institut agama islam negeri dikota solo dan mengambil jurusan komunikasi penyiaran islam yang berkonsentrasi pada dunia broadcasting

    View all posts

    Add comment