Soloensis

Pasar Wisata Saksi Sejarah Indonesia

Pasar Wisata Karanganyar – Siapa yang tidak kenal Karanganyar? Ya, pasti sudah sering sekali mendengar nama salah satu daerah di Jawa Tengah ini. Kota yang terletak dikaki bukit Gunung Lawu, memiliki cerita unik pada setiap lokasi yang digunakan sebagai tempat wisata. Salah satu contohnya adalah ‘Taman Pancasila’. Taman Pancasila bisa dikategorikan sebagai tempat wisata yang unik dan menarik, tidak kalah dengan Alun-Alun, Masjid Agung, Agro Wisata Sondokoro atau tempat wisata lainnya. Berlokasi di depan rumah dinas Bupati Karanganyar, tepatnya di sebelah timur kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar.

Buka mulai sore hari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB, Taman Pancasila sendiri seakan disulap menjadi pasar rakyat yang dipenuhi para pedagang dan juga pembeli. Mulai dari berbagai macam kuliner, buku, mainan anak, pakaian, dan perabot rumah tangga. Selain itu, terdapat berbagai wahana permainan untuk anak-anak, misalnya mobil remote, kereta mini, ayunan, pancingan bola, dan wahana permainan lainnya. Sehingga, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata bagi keluarga sekaligus berbelanja. Dengan harga yang tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, dijamin akan menjadi rutinitas bagi para orangtua untuk mengajak serta keluarga ke Taman Pancasila. Sekedar melihat-lihat, berbelanja, atau menikmati wahana permainan untuk memanjakan sang buah hati. Terdapat juga angkringan yang bisa dijadikan tempat nongkrong bersama kawan-kawan.

Jika kita lihat dari sisi sejarah, Taman Pancasila bisa dikatakan sebagai simbol saksi sejarah perjuangan Indonesia. Di bagian depan berdiri patung Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno dan diatasnya terdapat lambang burung Garuda yang membentangkan sayapnya. Berswafoto juga bisa menunjukkan bahwa kita sedang berada di Karanganyar. Ikonik sekali, bukan?.

Kabupaten Karanganyar yang mengusung slogan Tenang, Teduh, Rapi, Aman atau disingkat TENTERAM ini jelas menyimpan beraneka ragam tempat wisata menarik. Merupakan pilihan tepat bagi anda menjadikan Karanganyar sebagai tempat tujuan wisata bersama keluarga. -Yustina Kartika

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Yustina Kartika

    Saya adalah Mahasiswi IAIN Surakarta dan ini adalah kumpulan tugas dari Bapak Ichwan :)

    View all posts

    Add comment