Soloensis

5 Situs Terbaik Untuk Belajar HTML dan CSS untuk Pemula

HTML pada dasarnya yakni elemen/struktur web, dan CSS yakni “penghias” serta penyusun layout hingga sebuah halaman web mempunyai interface yang unik dan indah. Jika anda yakni blogger pemula, baik dalam konteks gres saja membangun blog, atau bagi anda yang mulai risih dengan banyak sekali kode-kode yang belum dimengerti padahal harus berurusan dengan utak-atik template, inilah saatnya anda mulai menyadari bahwa coding merupakan syarat penting yang harus anda kuasai supaya bisa mengutak-atik desain blog sesuai yang diinginkan; sekurang-kurangnya anda wajib memahami apa itu dasar HTML dan CSS dan bagaimana keduanya bekerja dalam membentuk tampilan sebuah halaman web. 

Meski pada awalnya anda harus berjuang mati-matian untuk bisa memahami HTML dan CSS serta merasa absurd ketika harus bersentuhan dengan keduanya, semakin anda mempelajari dan mempraktekkan semakin gampang anda membaca, memahami, dan menerapkannya dasar-dasar HTML dan CSS dengan baik. Semua hanyalah duduk kasus “alah bisa alasannya biasa.” Semakin anda terbiasa, semakin gampang dan cepat proses pembelajarannya. Bisa dikatakan, memahami HTML dan CSS yakni syarat paling dasar yang harus dipenuhi oleh seorang Blogger, bila ia ingin proses ngeblognya berkembang dan sukses. Mengesampingkan hal-hal fundamental demikian dan bahkan mengalah berarti sudah niscaya si blogger tidak akan berkembang.

Ada banyak sekali macam tutorial coding, dari paling dasar hingga advanced, dari sekedar HTML dan CSS sederhana hingga XML, PHP, ASP, dan bahkan hingga bagaimana merancang API. Semua tersedia gratis dan bertebaran di muka bumi, eh maksudnya di web. Jadi, tidak ada alasan untuk bilang susah alasannya tidak ada sarana belajar. Satu-satunya alasan kenapa kata “susah” muncul yakni alasannya kemalasan, tidak ada yang lainnya. 

Berikut yakni beberapa website pilihan saya, yang juga biasa aku gunakan sebagai sumber mencar ilmu sekaligus test kode. Tutorialnya tersusun dengan baik, dari dasar hingga advanced, bahkan sebagian besar mempunyai interface interaktif dimana anda bisa eksklusif melaksanakan latihan dan ujicoba aba-aba tanpa harus memakai software mencari ilmu apapun. Fokus kita kali ini yakni HTML dan CSS untuk pemula, namun tidak menutup kemungkinan terdapat tutorial lain, contohnya HTML5, Javascript, PHP, ASP, ASPX, PERL, dan sebagainya, bagi anda yang sudah begitu erat dengan HTML dan CSS dan ingin membuatkan yang lainnya. Semua tertulis dalam bahasa Inggris, namun berdasarkan aku cukup gampang untuk diikuti dan dipahami.

1. W3 SCHOOLS (w3schools.com)

Siapa yang belum pernah dengar ihwal situs ini? Bisa dibilang sebagai situs terbesar dengan informasi, penjelasan, dan tutorial paling detil mengenai banyak sekali hal yang berkaitan dengan desain dan pengembangan web. Dalam hal HTML dan CSS, tentu saja ini yakni salah satu resource yang bisa diandalkan. Belum lagi banyak sekali interface interaktif-nya (Try it Yourself Editor) yang bisa kita gunakan untuk latihan dari tingkat paling dasar hingga advanced. Terdapat pula banyak sekali isu dan tutorial javascript, HTML 5, bahasa pemrograman yang berkaitan dengan server (PHP, SQL, ASP, dll), ASP.NET, XML, dll.

2. Code Academy (www.codeacademy.com)

Ini yakni situs yang paling sering aku kunjungi, terutama dalam mencar ilmu dan bertukar pikiran soal pengembangan web (khususnya PHP, API, dan Ruby). Yang paling aku sukai yakni fitur interaktifnya dimana anda bisa eksklusif mempelajari sekaligus mempraktekkan banyak sekali level pembelajar HTML dan CSS dengan tahap yang jelas, terstruktur, dan dengan tutorial yang gampang diikuti. Jika anda ingin eksklusif melihat bagaimana pembelajaran basic-nya, eksklusif tuju navigasi di footer, dan klik HTML/CSS. Anda juga bisa mengawali pembelajaran dengan mengagumi bagaimana kode-kode bekerja dengan mengisi kolom interaktif di halaman depan. Bagi web developer dan pengagum coding, ini nirwana buat anda!

3. HTML.net

Jika anda lebih menyukai “penuturan” untuk memahami dan mencerna bahan HTML dan CSS, sekaligus ingin memahami esensi halaman website serta banyak sekali elemen dan tag-nya, maka situs ini bisa menjadi sumber yang tepat. Plus, anda bisa memakai Google Translate dengan gampang bila anda kesulitan dalam memahami bahasa Inggris (hehe). Semua konten mempunyai struktur dan sistematika yang jelas, dari A hingga Z, jadi cukup membantu proses pemahaman secara bertahap. Terdapat pula banyak sekali tutorial lain menyerupai HTML5, PHP, ASP, dan Javascript.

4. HTML Dog (www.htmldog.com)

Masih sama dengan model website di atas, situs ini juga menyediakan banyak sekali tutorial HTML dan CSS. Yang agak berbeda yakni konten dibagi berdasarkan jenis elemen/tag (heading, title, list, link, tabel, form, dan lain sebagainya), sehingga anda bisa masuk ke bab tertentu secara langsung. Terdapat pula tutorial javascript dasar dimana anda juga bisa berkenalan dengan bahasa javascript.

5. CSS Easy (www.csseasy.com)

Mungkin bagi anda yang pertama kali masuk website ini akan kebingungan dan menganggap remeh. Ya, situs ini hanya berbicara bagaimana CSS dipakai untuk menyusun layout dasar. Tapi jangan salah, dengan memahami bagaimana layout dasar sebuah halaman web, maka anda sudah masuk ke gerbang awal desain template blog/web, dan memahami bagaimana CSS dipakai sebagai penyusun layout. Terdapat dua jenis layout yang variatif untuk dipelajari, yang pertama berupa fixed layout dan yang kedua berupa fluid layout (yang kemudian bisa dipakai untuk menyusun dasar template responsive juga). Cara yang dipakai untuk mempelajari cukup unik, klik salah satu teladan layout, kemudian klik kanan dan pilih “open page source” atau “view source” untuk melihat kode-kode CSS di dalamnya. Simpan halaman tersebut untuk bisa diutak-atik sesuai keinginan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Muhammad Taufal

    Saya seorang mahasiswa ILMU KOMPUTER di universitas negeri di jawa tengah. Saya juga sedang mempelajari mengenai menulis artikel, blogging, dll.

    View all posts

    Add comment