Soloensis

Pasar Rasa Mall ala Pasar Klewer

Buat kalian yang suka berbelanja, menurut kalian dimana tempat yang nyaman untuk berbelanja ?, mungkin kalian berfikir pergi ke Mall kan ?. tempat yang sejuk, bersih, dan tidak melelahkan karena telah disediakan lift atau eskalator di sekitar mall. Walaupun harga barang-barang disana biasanya lebih mahal dan tak bisa ditawar, tetapi tempatnya yang nyaman membuat kita betah untuk berada disana dalam jangka waktu yang lama. Berbeda halnya dengan pasar, yang menurut bayangan kita merupakan tempat yang kumuh lagi ramai.

 Jika kita mencoba untuk menelusuri ke beberapa tempat ,ternyata sebagian pasar  telah memiliki pemandanngan yang lebih dari apa yang kita bayangkan. Misalnya saja pasar Klewer. Pasar klewer merupakan pasar yang menjual beraneka ragam batik mulai dari tulis hingga cap dengan beraneka ragam pula asalnya.  Pasar ini terletak di sebelah selatan Masjid Ageng Keraton Surakarta. Seperti halnya pasar Legi, pasar Klewer ini pernah mengalami kebakaran lebat pada tahun 2014 lalu.

Semenjak saat itulah, pasar mulai di renovasi kembali sehingga berubah menjadi pasar yang lebih indah. Seperti layaknya mall, terdapat basement tempat parkir dibawahnya. Disampingnya juga terdapat lift yang akan mengantarkan kita ke lantai mana kita akan pergi. Di dalam pasar tersebut, kita akan disambut bersihnya pasar dan berbagai macam kain batik terpampang di sekeliling pasar. Harga barang yang mereka jual beraneka ragam, menurut Bu Lestari, harga batik bermacam macam, ada yang sampai puuhan juta tergantung dari mutu kain batik tersebut. Sementara batik yang lebih murah biasanya terdapat pada batik cap apalagi yang hanya memiliki satu warna. Layaknya pasar, kita bisa melakukan transaksi tawar menawar di pasar Klewer ini demi mendapat potongan harga.

Tidak hanya menjual beraneka macam batik, Pasar Klewer juga menyediakan berbagai macam makanan khas Solo. misalnya saja Bu lestari, Beliau menjual beraneka ragam oleh-oleh khas solo  dan beberapa daerah lainnya  seperti Kudus dan Jogja.  Kalian bisa menemukan tempat khusus penjualan oleh-oleh dan makanan tradisional ini di lantai paling atas dari pasar Klewer.

Seperti itulah sedikit dari gambaran dari pasar klewer,inda, nyaman, dan sejuk layaknya mall tetapi tidak meninggalkan eksistensi pasar yang merupakan tempat untuk bertransaksi, berinteraksi, dan tentunya yang tidak lepas dari ingatan kita adalah harga yang bisa ditawar.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Syahdani Ezananda

    Saya Mahasiswa IAIN Surakarta. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Umur saya sekarang 20 Tahun

    View all posts

    Add comment