Soloensis

Ternyata Seperti ini Pasar yang Terletak di Dekat Perlintasan Kereta Api

    Minggu pagi saya mengunjungi salah satu pasar di kota Solo yang letaknya di dekat rel kereta api. Pasti kalian bertanya-tanya pasar mana yang letaknya dekat dengan perlintasan kereta api itu. Tetapi untuk warga Solo pasti sudah tak asing lagi dengan pasar yang satu ini. Pasar ini dikenal dengan Pasar Nongko. Pasar ini terletak di  Jl. Hasanudin, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan juga sangat dekat dengan rel kereta api. Maka dari itu Pasar Nongko juga sering disebut Pasar dekat rel.

   Pasar Nongko adalah termasuk salah satu pasar tradisional yang berada di kota Solo. Pasar Nongko sudah mengalami revitalisasi karena usia bangunan sudah terlalu lama. Secara fisik bangunannya pun tidak lagi mampu menampung aktivitas kegiatan jual beli yang ada di pasar ini. Karena jumlah penjual dan pembeli semakin bertambah banyak. Alasan lainnya adalah pasar nongko letaknya dekat dengan perlintasan kereta api ditambah aktivitas perdagangan yang ada di pasar menjadikan adanya kemacetan. 

 

   Pada umumnya Pasar Nongko sama dengan Pasar tradisional lainnya yang ada di kota Solo. Pasar Nongko sekarang memiliki 3 lantai dan lebih tertata daripada sebelum adanya pembenahan Pasar ini. Penempatan para pedagang menggunakan sistem zonasi yaitu pedagang diatur letaknya berjualan sesuai dengan jenis dagangan yang dijualnya. Mulai dari lantai bawah atau dasar (basemen) dagangan yang ada di lantai ini adalah seperti sayuran, gerabah, buah-buahan, dan di tengah basemen ini juga dipakai untuk parkiran motor. Lalu pada lantai tengah atau kedua Pasar Nongko kalian dapat melihat pedagang yang menjual sembako, kelontong, pakaian, dan ada juga yang berjualan kuliner. Dan di lantai paling atas pasar adalah zona khusus untuk pedagang yang menjual daging dan ikan-ikan segar.

   Pasar Nongko buka pada Pagi hari jam 07.00 wib sampai dengan sore hari jam 17.00 wib. Di bagian depan pasar juga ada kios pedagang yang menjual beragai makanan ‘kiloan’ seperti snack ringan dan makanan khas Solo. Kalian dapat memilih sesuai dengan jajanan yang kalian inginkan. Dan di sebelah Pasar Nongko samping rel kereta api terdapat juga pasar tanaman hias yang menjual berbagai macam tanaman dan bunga hias. Perlu kalian ketahui juga sekarang ini Pasar Nongko juga lebih dikenal dengan pasar tanaman hiasnya. Karena tanaman hias yang dijual disini banyak sekali ragamnya dan kalian dapat membeli berbagai peralatan untuk merawat dan membuat tanaman hias dirumah kalian. Pokoknya pasar tanaman hias di Pasar Nongko sudah termasuk terlengkap di kota Solo.

    Tetapi sangat disayangkan masih adanya kemacetan yang ada di jalan Hasanudin sangatlah parah. Karena rel kereta dekat manahan sedang ada pembangunan flyover otomatis akses terdekat menuju arah manahan ada di rel kereta api deket pasar nongko ini yang menyebabkan kemacetan yang hampir terjadi tiap harinya. Saat saya kesana pada pagi hari suasana Pasar Nongko masih terbilang sepi dibandingkan dengan pasar tradisional lain di kota solo yang hampir setiap pagi hari akan rame karena memang waktunya berbelanja kebutuhan sehari-hari. Mungkin salah satu penyebabnya juga kemacetan tadi. Karena di pagi hari pun jalanan sekitar sana sudah macet. Jadi, saran saya yang ingin mengunjungi Pasar Nongko harus sabar dengan kemacetannya. Tetapi menurut saya Pasar Nongko termasuk pasar terlengkap yang ada di kota Solo karena kita bisa membeli apa saja mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah kita dan kebersihan di dalam Pasar sudah lumayan bersih jadi kita nyaman apabila mau jalan-jalan dan berbelanja di Pasar Nongko.

 

 

 

 

Any Nur Hanifah / 161211001          

    Apakah tulisan ini membantu ?

    any hanifah

    Mahasiswa IAIN SKA

    View all posts

    Add comment