Soloensis

Belajar dari Pantai

Belajar dari Pantai

Negeri bahari dengan wilayah perairan yang luas. Banyak pantai yang bertebaran di sepanjang negeri kita. Pesona wilayah  perairan yang luas menuntut kepedulian bersama. Kesungguhan dan kepedulian serempak memberdayakannya. Potensi yang belum dioptimalkan oleh kita semua. Penyadaran untuk mengolah  potensi yang terkandung di setiap sisi. Kekayaan dan panorama asri yang layak untuk dijadikan sumber pembangunan  masyarakat.

Memulai dari pemahaman  bahwa, alam sebagai media pembaik diri. Belajar mengembangkan segenap potensi melalui   alam raya. Tersedia langsung dan menjadi bagian komunitas kehidupan raya. Kepedulian dan aksi kreatif untuk memberdayakannya. Dituntut kemampuan mengemas  dengan nuansa yang menarik untuk ditindak lanjuti. Telah banyak manfaat yang dapat dikenal sebagai  bahan pembelajar. Utamanya  untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mengenal keunggulan alam kita.

Fasilitas  pembelajaran alam sekitar yang  apresiatif. Mampu mengunggah berbagai nilai yang dimunculkan. Setiap diri mampu mengapresiasikan dirinya dalam bentuk sikap. Rasa menggembirakan dan membuat pemikiran yang inovatif. Suasana panorama alam untuk pembelajar yang memberikan pengalaman peserta. Diantaranya mengenalkan  lingkup  pantai yang berada di wilayah sekitar  kita. Upaya untuk memberikan wahana apresiasi anak untuk ikut melestarikannya.

Mengarahkan  kegiatan rekreasi menuju pantai. Layak muatan pendidikan yang dapat diambil dengan nyata. Pengalaman inilah untuk menyadarkan bagi anak didik kita penting melestarikan alam. Berkunjung untuk berwisata ke pantai. Mengenalkan  anak  agar akrab dengan pantai, diperlihatkan keindahan alamnya. Dapat  menyaksikan sendiri  betapa luas pemandangan ke depan biru semua. Bahkan dapat merasakan asinnya air laut secara langsung. Kenyataan sebagai sumber pengalaman  dengan nyata.

Pantai  sebagai media terapi. Sumber energi berupa udara segar untuk pernafasan. Pantai dengan udara  segar terjauh dari polusi udara. Terjauhnya polusi udara dan hiruk pikuk kota yang padat kendaraan. Menikmati alam dengan panorama alam yang mempesona. Pemandangan luas terhampar di depan mata kita sejauh mata sejauh melihat.

Olahraga berkolaborasi dengan pantai. Ajang kreatifitas untuk berkreasi  secara inovatif. Mampu menjadi   sentral  perhatian dunia, menyorot  kegiatan ini. Semacam momen yang digelar merupakan daya pikat tersendiri.  

Olahraga di pantai  untuk menjadi daya tarik tersendiri. Lahan berwisata yang dikemas dengan olahraga. Sebagaimana digelar even internasional bola voli Asia Pasifik baru-baru ini. Mengambil di pantai Sepanjang  Gunungkidul. Sebagai bentuk  apresisai yang  menyuguhkan nuansa wisata bertaraf internasional. Yang mampu mengundang wisatawan domestik dan luar negeri. Gema yang begitu membahana lewat media sosial, dan media massa.

Dapat memberdayakan semua sisi. Sektor ekonomi  berbasis  wisata dan berbagai  komponen terkait. Mendunia sebagaimana media untuk mengenalkan keunggulan. Sebagaimana pantai yang dipergunakan sebagai ajang lomba bola voli. Mengundang insan  manca  untuk berapresiasi menularkan  potensinya. Sebagai bentuk upaya aktif dalam mengembangkan diforum internasional,  ( Wiyono AS)

 

 

Apakah tulisan ini membantu ?

wiyono AS

Guru Penjas SDN Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. Motto
Tulis tulis Selalu ( TTS) agar Terus teringat selalu ( TTS).

View all posts

Add comment