Soloensis

Inilah Beberapa Bahaya Pasang Aplikasi MOD di HP Android, Wajib Tau!

Suka dengan aplikasi MOD karena memiliki tampilan yang sudah dimodifikasi lebih menarik?. Biasanya, aplikasi bajakan alias crack seperti ini tidak baik untuk kesehatan hp android.

Pasalnya, aplikasi MOD bisa saja di susupi oleh virus trojan yang mengakibatkan ponsel pintar menjadi hang, ngelag dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mendingan kamu baca ulasan ini deh biar tau ancaman yang menyerang ketika kamu menggunakan aplikasi MOD di hp android.

Bahaya Aplikasi MOD

Sistem android itu sudah canggih, tetapi secanggih apapun itu Android tetap saja tidak bisa mendeteksi aplikasi MOD.

Berbeda dengan windows, ia mampu mendeteksi aplikasi bajakan karena ada sebuah software yang digunakan atau diprogram untuk melakukan cracking.

Oleh karena itu, sistem windows akan mendeteksi ancaman bahaya itu. Dan untuk android sendiri belum ada sistem seperti itu.

Namun akan lebih baik jika kamu ketahui dulu bahaya yang mengancam kesehatan smartphone kamu pada berikut ini :

1. Terdapat Virus

Pada pembahasan kita tadi sudah saya singgung soal virus. Pasalnya memang demikian. Aplikasi MOD akan disisipi virus oleh si pembuatnya.

Tanpa kamu sadari, mereka bisa saja menyisipkan sebuah virus yang akan menyerang sistem operasi android, atau bisa lebih buruk daripada itu.

Aplikasi MOD ini akan di edit sedemikian rupa kodenya, sehingga kode asli diubah menjadi kode yang lain dan bisa juga akan dimasukkan kode berupa virus.

Dengan demikian, akan lebih baik bila kamu selalu waspada dalam memasang aplikasi MOD, bisa jadi terdapat virus yang dapat merusak hp kamu (korban).

2. Seringnya Muncul Iklan

Kamu tahu tidak bahwa aplikasi itu bisa disisipi iklan yang berguna untuk menguangkan atau si pelaku ingin mencari keuntungan berupa uang melalui aplikasi bajakannya.

Ya, terkadang memang aplikasi resmi itu menampilkan iklan, tetapi penempatan iklannya teratur.

Berbeda dengan aplikasi MOD, iklannya akan di tempatkan di segala tempat yang mengakibatkan korban merasa terganggu akan hadirnya iklan ini.

3. Pencurian data Pribadi

Kamu tidak akan pernah tahu apa saja yang ada dibelakang aplikasi – aplikasi mod itu. Kalau ada hal yang baik pun tidak akan menjadi masalah.

Bila yang terjadi malah sebaliknya, itu akan menimbulkan masalah yang besar.

Bahaya aplikasi mod itu sendiri dapat mencuri data atau informasi pribadi yang kamu simpan pada hp android.

Misal, mencuri data login terhadap akun media sosial kamu.

Jadi, kamu perlu mewaspadai itu semua, bisa juga mereka akan menyusup ke hp android dan mengambil semua data yang tersimpan. Tindakan itu terkadang tidak diketahui oleh korban.

Jadi hanya itu lah segelintir informasi yang admin dapat dalam bahaya aplikasi MOD.

Sebenarnya masih ada sih, tapi itu tidak merugikan diri sendiri, melainkan merugikan pihak developer asli.

Selain itu, ada sebuah undang – undang yang menyatakan kalau aplikasi yang dibajak itu sudah melanggar hukum negara.

Undang – undang hak cipta yang akan kamu langgar, undang – undang tersebut berbunyi seperti ini :

Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Menurut Pasal 1 angka (8) Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema maupun ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

Pasal 34 Undang-Undang ITE Tahun 2008

Setiap orang yang sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan, mengimpor, mendistribusikan, menyediakan atau memiliki.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rama Angriawan

    Hanya sekadar mencari informasi di internet, mulai paham, langsung saya tuangkan ke dalam tulisan.

    View all posts

    Add comment