Soloensis

“Tambal Timah” Kegiatan PKM Pengabdian Mahasiswa Univet Sukoharjo

Kegiatan sosialisasi Taman Herbal Setiap Rumah (Tambal Timah) program kreativtas mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang dilaksanakan di dusun Josari, Semin Gunung Kidul tgl 2 april 2017, dihadiri oleh 35 warga dan perangkat Desa.

Penyuluhan disampaikan oleh PPL Bu Astaria Kismaryanti, A.Md. dinas Pertanian dan Pangan Semin Gunung kidul terkait dengan Budidaya dan Pemanfaatan tanaman herbal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta melestarikan kekayaan alam melalui tanaman yang ada disekitar kita.
Beberapa Manfaat tanaman herbal antara lain :
1. Pencegahan penyakit jika digunakan secara dini dan kontinyu.
2. Pengobatan pertama pada kecelakaan (P3K)
3. Pengobatan luar dan dalam
4. Kecantikan
5. Murah dan mudah didapatkan
6. Efek samping yang ditimbulkan sangat kecil
7. Obat-obatan tradisional

Kegiatan PKM-M yang diketuai oleh Isnaini Hidayah, dengan anggota Egita Septa Rahar djani, Heni Kurniawati, Vina Dwi Riski, Kusni Rahayu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tanaman herbal dan meningkatkan produktifitas masyarakat terkait dengan pemanfaatan pekarangan rumah. Permasalahan-permasalahan yang melatarbelakangi kegiatan tersebut antara lain :
1. Kurangnya ketersediaan lahan pertanian, sehingga masyarakat tidak dapat mengembangkan keahliannya secara optimal.
2. Penghasilan penduduk yang relatif kecil, sehingga 50% penduduk belum bisa mencukupi kebutuhannya.
3. Keterbatasan pengetahuan penduduk, sehingga penduduk tidak mempunyai wawasan luas untuk menggunakan keahliannya dalam meningkatkan perekonomiannya.
Upaya untuk meningkatkan perekonomian melalui program Taman Herbal Setiap Rumah (Tambal Timah). Hasil tanaman herbal akan memberikan konstribusi ekonomi melalui penjualan dan produk herbal. Tanaman herbal memberikan berbagai macam keuntungan dan memiliki peluang pasar yang tinggi. Budidaya tanaman herbal di pekarangan rumah dapat dilakukan oleh semua penduduk termasuk yang memiliki lahan yang sempit.

Apakah tulisan ini membantu ?

novianwely

Belajar Mengajar

View all posts

Add comment