Soloensis

Tips Lolos Ujian Seleksi STAN

Anda yang ingin menjadi akuntan pasti pilihan pertama adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Sebagian besar orang sudah tahu kalau ingin masuk STAN, Anda harus bersiap dan mengerahkan segala usaha.

Soalnya Ujian Saringan Masuk atau USM STAN ini terkenal sangat ketat. Buat Anda yang ingin lolos USM STAN, tentu perlu melihat tujuh tips di bawah ini.

1. Anda enggak bisa lulus ujian apa pun tanpa banyak latihan. Makanya, Anda harus mengumpulkan soal-soal USM tahun lalu.

Jangan lupa untuk memeriksa mana jawaban yang masih salah dan yang sudah benar. Ini sangat berguna untuk mengetahui sebarapa jauh penguasaan Anda terhadap bahan ujian.

Baca : Berita Pendidikan

2. Ada cara yang lebih akurat untuk mengukur kemampuan Anda, yaitu dengan mengikuti try out. Anda bisa mengikuti try out tertulis atau online yang diadakan lembaga bimbingan belajar atau organisasi daerah mahasiswa PKN STAN.

3. Cari tahu tentang karakteristik materi USM STAN yang dikeluarkan tahun-tahun lalu. Termasuk jumlah dan jenis soal. Soal USM tahun lalu kurang lebih jumlahnya 180 yang terdiri dari 120 soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan juga 60 Soal Bahasa Inggris.

Baca Juga : Info Pendidikan Indonesia

4. Komposisi soal TPA enggak pernah jauh berubah dari tahun ke tahun. Makanya Anda harus sering-sering mengerjakan soal supaya Anda ingat polanya.

5. Strategi saat mengerjakan soal memang berbeda-beda. Tapi yang paling harus Anda perhitungkan adalah waktu yang tersedia, jumlah soal, kecenderungan kemampuan Anda. Kalau Anda enggak yakin jawaban Anda benar sebaiknya enggak usah diisi.

Soalnya kalau jawaban Anda kosong nilainya 0, kalau benar nilainya 4 dan kalau salah -1. Makanya jangan gegabah dan Anda harus lebih teliti.

6. Pastikan Anda menghitung sendiri, kira-kira berapa nilai yang Anda dapat setelah mengisi semua soal. Sehingga Anda bisa memprediksi langkah selanjutnya.

Dengan tujuh tips di atas, Anda pasti menjadi lebih percaya diri untuk mengikuti USM STAN. Tapi usaha Anda juga harus diiringi doa dan semangat yang enggak gampang putus.

7. Setiap orang yang berhasil tentu ada polanya, begitu juga mereka yang lolos SPMB PKN STAN. Jika Anda ingin menemukan pola-pola bagimana lolos PKN STAN, maka Anda bisa bergabung bersama bimbel Newtonsix.

Simak Selengkapnya : Pendidikan Indonesia

“Di sini akan diajarkan pola yang sudah dikembangkan bertahun-tahun yang banyak meluluskan mahasiswa masuk PKN STAN.

Di sini akan diajarkan bagaimana memahami soal-soal yang diujikan sehingga bisa mengerjakan dengan cepat, mempersiapkan mental untuk menghadapi persaingan yang ketat, memahami trik dan strategi yang tepat untuk bisa berhasil lolos Kampus ini,” lanjut Nugraha.

8. Untuk soal sekolah kedinasan terutama PKN STAN, soal-soal perlu dikerjakan yang membutuhkan waktu rata-rata kurang dari satu menit. Oleh karena itu, jika kita mengerjakan dengan cara yang biasa maka kita akan kesulitan untuk bisa mengerjakan soal secara maksimal. Jadi Anda harus memperbanyak koleksi cara cepat.

“Untuk materi-materi yang diujikan dan cara cepat Anda bisa mendapatkannya lewat bimbel di Newtonsix. Di ini Anda akan diajari berbagi materi yang di ujikan di PKN STAN serta bagimana menjawab soal dengan cara cepat kurang dari satu menit,” tambahnya.

Nugraha menyebutkan bahwa bimbel Stan Newtonsix sudah berpengalaman 15 tahun mendidik siswanya untuk persiapan ke PKN STAN.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment