Soloensis

Wonogiri Namanya

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}

Wonogiri Namanya

            Wonogiri merupakan kota sukses sebagai julukan kotanya dan wono itu sendiri berarti gunung dan giri yang berarti hutan maka diartikan sebagai kota yang bergunung-gunung dan berhutan, wonogiri merupakan wilayah yang tidak asing lagi karena masuk dalam karesidenan surakarta yang dimana letak dari kota wonogiri tidak jauh dari kota Surakarta atau kota Solo yakni di perbatasan antara Sukoharjo dan Pacitan Jawa Timur. Di kabupaten wonogiri terdapat tempat destinasi yang menarik karena didalam kawasan wonogiri banyak terdapat tempat-tempat wisata yang banyak menarik pengunjung untuk pergi berlibur antara lain waduk gajah mungkur, Gantole wonogiri, gunung gandul, air terjun girimanik, pantai nampu, museum wayang wonogiri dan lain-lain masih banyak yang ada diwonogiri. Yang unik dari wonogiri adalah satu-satunya yang mempunyai pantai tersendiri di karesidenan surakarta, selain itu sungai bengawan solo yang mengalir sampai wilayah lainnya bendungannya berlokasi di Wonogiri.

            Wonogiri selain tempat wisata alamnya yang indah terdapat juga kuliner yang sangat khasnya yakni sego tiwul yang terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang dikeringkan terus ditumbuk rasanya manis dan yang belum terbiasa biasanya ditambah dengan  nasi putih dan juga oleh-olehnya yang terkenal dari wonogiri ialah kacang mete dan geti dan lain sebagainya. Kemudian oleh-oleh lainnya seperti batik yakni Motif batik wonogiren, dengan motif khasnya yang menarik dari kayu atau serat kayu yaitu dengan remukan motif yang berasal dari alam sangat menarik untuk kita coba pastinya.

            Dengan keindahan alam dan berbagai hasil kuliner yang khas dan oleh-oleh lainnya yang dari wonogiri, wonogiri menjadi salah satu kabupaten di jawa tengah yang menarik untuk dikunjungi.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Abdul hakim Ansori

    Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

    View all posts

    Add comment