Soloensis

Facebook, Ladang usaha pembisnis online shop

Facebook ialah Media social yang begitu popular  pada pada awal tahun 2010. Awalnya facebook banyak  diakses melalui Komputer atau Laptop karena dulu smartphone tidak secanggih sekarang. Namun, seiring berjalannya waktu Facebook dapat mudah diakses dengan smaprtphone dimanapun dan kapanpun. Facebook sendiri mempunyai beberapa fitur seperti membuat status berupa tulisan,foto, atau siaran langsung sekalipun. Dan tak mau kalah dengan Instagram , facebook sekarang juga terdapat story yang muncul paling atas pada beranda. Selain untuk itu facebook juga terdapat Halaman dan grup atau forum untuk memudahkan berinteraksi guna memenuhi kebutuhan gaya hidup. Contohnya Halaman Tokoh atau artis ataupun grup Jual beli maupun grup pecinta film.

                      

Dengan mudahnya akses facebook saat ini. Tak jarang facebook digunakan untuk berbisnis online dengan memposting atau membagikan ke beranda pribadi atau forum jual beli yang sangatlah banyak dan beraneka macam.Ditambah lagi fitu baru, Place market yang memudahkan untuk jual beli pada lingkup wilayah. Caranya cukup simple, dengan membuka place market, maka kalian akan disuguhkan berbagai macam produk mulai dari Gadget,alat elektronik ,Pakaian hingga makanan pun sekarang tersaji di Place market. Biasanya disitu juga sudah tertera lengkap gambar,lokasi, dan harga. Jadi kalian bisa langsung menginbox pribadi langsung penjualnya atau juga bisa hubungi Nomor yang tertera  pada postingan.

 

Jual beli di Facebook berbeda dengan jual beli di platform e-commerse pada umumnya. Karena pada facebook penjual dan pembeli bisa saling membalas langsung lewat kolom komentar meski nomor penjual sudah dicantumkan pada postingan. Namun masih banyak pembeli yang ingin berkomentar terlebih dahulu dengan menego harga ataupun menanyakan kondisi dan lokasi. Baru setelah dirasa cocok pembeli akan menghubungi nomer yang tercantum untuk menanyakan lebih lanjut.Dan kebanyakan jual beli di Facebook mengunakan system COD ( cash on delivery) yaitu ketemuan ,cek barang,kemudian bayar ditempat jika dirasa cocok.Interaksi yang cepat melalui facebook  dapat menguntukan keduanya pihak dari penjual dan pembeli.dari segi waktu dan kebutuhan. Pada penjual yang BU (butuh uang) akan segera mendapatkan uang segar hasil barang jualannya, dan bagi pembeli juga mendapatkan barang dan harga yang sesuai keinginan dan budgetnya.

 

Memiliki Grup atau forum jual beli yang banyak memiliki kelebihan tersendiri bagi pengguna facebook. Baik pembisnis online maupun pembeli. Banyak referensi harga barang yang dapat dijadikan perbandingan dengan barang – barang non online.Barang Online shop cenderung lebih murah daripada ditoko. Sepertinya Smartphone dan aksesorinya. Harga yang begitu miring membuat banyak orang memilih membeli lewat facebook daripada langsung ke took. Sistem COD juga yang memudahkan juga karena lebih dekat tentunya .Bagi penjual memiliki forum yang banyak dapat memperluas jangkauan bisnisnya apalagi ditambah dengan media social lainnya yang sedang trending. Begitu juga dengan pembeli yang bisa memilih barang dan harga yang cocok dari forum yang banyak ia bergabung. Jadi dari sekarang perbanyaklah forum atau grup jual beli untuk kelancaran jua beli kalian.

Jual beli online tentu ada sisi positif dan negatifnya. Positifnya bisa mengemat waktu,memperluas jangkauan, dan banyak pilihan. Namun dari sisi negatifnya banyak barang yang diposting tidak sesuai dengan kenyataannya. Apalagi dengan system kirim barang, banyak korban yang merasa dirugikan karena barang tidak sesuai pada postingan. Sisitem COD pun juga sama. Orang yang tidak teliti dalam mengecek atau terlalu percaya dengan postingan akan mudah terlena dan akhirnya tertipu dengan kondisi barang yang cacat ataupun yang  lainnya.Maka sebaknya dalam berjual beli online tetap waspada, berhati – hati dan teliti untuk mendapatkan barang yang sesuai. Pada kirim barang bisa dikembalikan jika barang tidak sesuai dengan postingan dan saat COD haruslah teliti dan jika perlu meminta garansi personal dan juga meminta identitas penjual untuk berjaga –jaga.

Sumber gambar : https://4.bp.blogspot.com/-ezsiyQSaal0/VzAIeXZXlKI/AAAAAAAAKjs/X3nZ7JTKC-gIzlwfrx7N5HISSg77ohoGwCLcB/s1600/jualan-facebook.jpg

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Latif Ghufron

    Suka kulineran, wisata, dan hunting foto.

    View all posts

    Add comment