Soloensis

Dampak dari sosial media di kalangan remaja Gentan rt 04 rw 1 Baki Sukoharjo

Di jaman sekarang siapa sih yang tidak tahu apa itu media sosial? media sosial adalah alat, jasa dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang dengan satu sama lain dan memiliki peminat yang banyak tidak terkecuali para remaja, bahkan usia dibawah umur sudah memiliki akun media sosial pribadi. Media sosial sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia khususnya dikalangan remaja. Terutama remaja masa kini yang berada di desa Gentan rt04 rw 1 ini identik dengan smartphone ditangan hamper 24 jam. Media sosial yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja seperti facebook, twitter, path, youtube, Instagram, line, dan bbm. Media sosial tersebut mempunyai keunggulan dan ketertarikan sendiri bagi remaja sendiri. Karena media sosial sangat banyak memberikan kemudahan yang membuat remaja betah berlama-lama dalam menggunakannya. Sehingga pada zaman sekarang ini bisa kita sebut sebagai zaman milenial dengan artian bahwa dunia pada genggaman tanganya, dapat mencari tahu informasi melalui internet.

Seiring dengan mudahnya mengakses jaringan internet, media sosial telah menjelma menjadi gaya hidup, tidak hanya bagi orang kota, tetapi sudah menjangkau masyarakat hingga desa seperti desa Gentan ini, bahkan di daerah-daerah yang miskin sinyal sekalipun. Sebagai pengguna aktif media sosial terbanyak, remaja sangat cepat menerima pesan atau informasi yang ada di media sosial. Belum sempurnanya kematangan pemikiran remaja itu akan membawa pengaruh negatif terhadap informasi yang tidak baik melalui media sosial. Seperti yang kita ketahui, media sosial merupakan wadah bagi remaja untuk menuangkan kebebasan berekspresi, baik itu bentuk gambar ataupun pesan-pesan yang terkadang menyesatkan.

Menurut survey yang saya lakukan di desa Gentan rt 04 rw 1, 10 dari 15  orang remaja merupakan pengguna aktif internet, yang 5 kemudian karena memang kurang mampu  untuk membeli smartphone, Media sosial sendiri memberikan dampak bagi para remaja. Baik positif maupun negatif. Dampak positifnya, mereka mendapat banyak teman, mudah mengerjakan tugas, berbagi informasi dengan cepat, mudah berkomunikasi dengan saudara, teman, atau siapa saja yang jaraknya jauh, dan lain sebagainya. Sedangkan dampak negatifnya,hingga saat ini mereka melupakan sosialisasi terhadap teman sekampung sendiri misalnya bermain tanpa menggunakan handphone. mereka sulit berinteraksi dengan lingkungan baru, menjadi seorang yang individual karena mereka beranggapan bahwa selama ada media sosial mereka tidak membutuhkan teman bicara, mudah tersinggung dengan ucapan orang lain, mudah emosi, sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya. Media sosial tidak akan terlepas dari pengaruh positif maupun negatifnya, dampak itu tergantung dari penggunanya itu sendiri.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment