Soloensis

Yuk Ikuti Tips Ini Agar Bijak Bermedia Sosial

Media sosial seakan sudah menjadi candu bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja. Remaja masa kini identik dengan smartphone ditangan hampir 24 jam. Media sosial yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja seperti facebook, twitter, path, youtube, Instagram, line, dan bbm. Media sosial tersebut mempunyai keunggulan dan ketertarikan sendiri bagi penggunanya. Media sosial sangat banyak menawarkan kemudahan yang membuat remaja betah berlama-lama dalam menggunakannya.Di harapkan penggunaan media sosial yang sangat efisien ini di manfaatkan dengan baik oleh penggunanya, sehingga tidak menimbulkan berita hoax atau kejahatan dunia maya. Pengaruh media sosial sangat nyata terutama di kalangan anak kecil. Baik itu pengaruh positif maupun negatif, di sinilah peran orang tua sangat di perlukan dalam mengawasi anak-anaknya bermain gadget.

Perkembangan media sosial sangatlah pesat. Dalam penyebaran informasi atau berita, media sosial bagaikan saluran yang langsung terhubung otomatis ke gadget tiap-tiap orang. Disinilah para penggunanya harus pintar-pintar menyaring berita agar tidak salah tangkap mengenai berita tersebut.  Nah , bagaimana sih cara untuk menggunakan media sosial yang baik dan benar. Berikut ulasannya :

1.      Jangan asal men-share. Cermati terlebih dahulu informasi yang akan di share, terutama sumber harus jelas. Dan pastikan sang penerima informasi adalah orang yang bertanggung jawab.

2.      Selalu gunakan norma atau tata tertib di media sosial. Misalnya ketika menge-chat seseorang yang baru di kenal. Harus sopan dan beretika.

3.      Pikir terlebih dahulu ketika membuat status. Pastikan status yang di tulis tidak menimbulkan perdebatan, hoax, dan tidak mengandung unsur SARA.

4.      Filter terlebih dahulu teman anda di media sosial. Jangan langsung konfirmasi pertemanan jika anda tidak mengenal orang tersebut.

5.      Gunakan media sosial untuk membuat anda menjadi produktif dan positif. Contohnya untuk usaha, tugas skripsi, hasil karya, pekerjaan, dan bisnis.

 

Setelah anda mengaplikasikan ke 5 ulasan di atas, di pastikan anda membuat pengaruh positif terhadap diri anda maupun lingkungan sekitar anda. Media sosial tidak akan terlepas dari pengaruh positif maupun negatifnya, dampak itu tergantung dari sipenggunanya sendiri. Walaupun masa remaja merupakan masa yang dapat dikatakan sangat kritis karena memasuki masa pencarian transisi pencarian jati diri. Namun remaja juga bisa membatasi diri sendiri dengan norma dan moral yang baik. Pembentukan karakter sejak dini termasuk saat remaja sangatlah penting bagi masa depan diri remaja itu sendiri dan lebih luas lagi bagi masa depan bangsa. Remaja sebagai penerus bangsa yang memiliki karakter yang baik, kuat, dan tangguh tentunya akan bisa membuat Negara ini maju.

 

 

Sumber Foto :  zonapendidikan.blogspot.com

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Fata Dzuhri

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment