Soloensis

Dahulu, Sekarang, dan Masa Depan Media Cetak di Era Digital

Perkembangan media untuk saat sekarang ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan tidak dapat dipungkiri lagi perkembangannya. media cetak, khususnya di indonesia pada awal mula perkembangannya sangat jarang dijumpai keberadaannya sehingga sulit ditemui karena perusahaan media cetak pada saat itu masih sedikit, maka media cetak hanya beredar dikota-kota besar saja dan konsumennya hanyalah mereka yang ekonominya menengah keatas. Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan tumbuh dan berkembang diberbagai kota dan Teknologi mesin cetak sendiri yang digunakan semakin canggih dalam membantu pengembangan produksi media cetak seperti koran, majalah, tabloid, buletin dll. Dan sekarang  setiap kota sudah dapat dijumpai. Kemudian dampak yang ditimbulkan dari perkembangan media cetak dampak positifnya dengan kehadiran koran, majalah dll. Masyarakatnya banyak yang melakukan aktifitas dengan membaca buku dan menambah pengetahuan. Walaupun dampak secara negatifnya salah satunya adalah pohon yang digunakan untuk membuat kertas semakin berkurang serta limbah pembuangan yang ditimbulkan dari proses produksi.

Namun setelah kehadiran new media atau media baru yang lebih fresh dan berbeda. Media cetak kian ditinggalkan oleh sebagian orang karena berita/informasi yang didapatkan dari adanya media baru semakin cepat dan mudah dalam satu genggaman yakni dengan berbekal Handphone atau HP berbasis android sudah bisa berselancar di dunia maya dan mengakses internet. Menurut Flew membuat new media ini sahih dikatakan sebagai media baru adalah karakternya terdapat konvergensi yang membuat new media memang mempunyai kebaruan. Dalam konvergensi, media baru menyatukan media-media yang sudah muncul sebelumnya. Manifestasi dari konvergensi ini oleh flew dijabarkan paling mudah ditemukan dalam internet. Kehadiran internet ini membawa perubahan yang sangat signifikan dengan kebaruan yang melekat padanya. Jika media dulu hanya dengan menggunakan teks saja seperti koran maupun audio visual, sekarang internet menawarkan kebaruan yang sudah mencakup semuanya. Sedikit bentuk nyata dari new media diantaranya ada blog, website atau jejaring sosial seperti facebook, instagram twitter dll. Dari adanya new media muncullah Citizen Journalism sebutan bagi kegiatan jurnalisme  seperti menulis, mengupload foto/video yang bersifat informatif yang dilakukan oleh warga sipil biasa bukan wartawan, dengan adanya hal ini informasi akan lebih cepat tersebar karena dapat dipublikasikan kapanpun dan dimanapun. Kemudian dampak positif dari adanya new media salah satunya mencari informasi lebih cepat, harga murah dan dampak negatifnya banyak terjadi berita-berita hoax atau berita bohong yang beredar. Walaupun media cetak tengah mendapat persaingan dari adanya new media di era digital sekarang ini, tetapi tetap akan eksis abis, karena media cetak memiliki penggemar dikalangan tertentu dan konten isinya yang khas yang tidak ada dalam new media , keakuratan informasi lebih tepat dari pada new media serta penggunaan internet yang masih belum mencapai bagian terkecil dari suatu populasi penduduk. Dan dari kebiasaan dan budaaya dari masyarakat yang dulu hingga sekarang kalau pagi-pagi teh atau ngopi sambil membaca koran atau majalah. Dan untuk penanganan dari dampak new media yang kini banyak beredar berita-berita hoax di dunia maya yakni setiap kita mendapatkan informasi atau berita bohong jangan langsung di share kepada orang lain melainkan kita terlebih dahulu harus mengklarifikasi apakah berita atau informasi tersebut benar atau tidak. Kita wajib mengklarifikasinya (tabayyun) barulah kita men-share setelah kita klarifikasi.

Oleh karena itu meskipun media cetak mendapat tantangan berat dengan hadirnya new media atau media baru. media cetak tetap akan tetap dibutuhkan masyarakat dan pelaku industri.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Abdul hakim Ansori

    Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

    View all posts

    Add comment