Soloensis

Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Murid Sekolah

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi proses kegiatan belajar. Beberapa faktor itu ada yang ada pada diri sendiri,  tapi ada juga yang dari luar diri kita. Dalam hal ini faktor yang memengaruhi proses belajar ada tujuh faktor menurut sumberpustaka. com, apa saja faktor tersebut? Simak penjelasan di bawah ini :

1. Faktor Kecerdasan

Yang disebut dengan kecerdasan adalah potensi seorang untuk lakukan pekerjaan berpikir yang berbentuk susah serta abstrak. Tingkat kecerdasan dari semasing berbeda. Ada yang tinggi, ada yang sedang serta ada juga yang rendah. Orang yang tingkat kecerdasannya tinggi bisa memproses ide yang abstrak, susah serta susah dilaksanakan secara cepat tanpa ada banyak kesulitan-kesulitan dibanding sama orang yang kurang pintar.

Orang yang pintar itu bisa pikirkan serta kerjakan bertambah banyak, bertambah cepat dengan tenaga yang relatif sedikit. Kecerdasan ialah satu potensi yang dibawa dari lahir sedang pendidikan tidak bisa meningkatkannya, tapi cuma bisa mengembangkannya.

Tetapi ini tingginya kecerdasan seorang bukan satu agunan jika dia akan sukses mengakhiri pendidikan secara baik, sebab kesuksesan dalam belajar tidak cuma dipastikan oleh kecerdasan saja dan juga oleh faktor-faktor yang lain.

2. Faktor Belajar

Yang disebut dengan faktor belajar ialah semua sisi pekerjaan belajar, contohnya kurang bisa memfokuskan perhatian pada pelajaran yang sedang ditemui, tidak bisa kuasai aturan yang terkait hingga tidak bisa membaca semua bahan yang semestinya dibaca. Termasuk juga di sini kurang kuasai beberapa cara belajar efisien serta efektif.

3. Faktor Sikap

Banyak pengaruh faktor sikap pada pekerjaan serta kesuksesan siswa dalam belajar. Sikap bisa tentukan apa seorang dapat belajar dengan lancar atau mungkin tidak, bertahan lama belajar atau mungkin tidak, suka pelajaran yang di hadapinya atau mungkin tidak serta banyak lainnya.

Antara sikap yang disebut di sini yaitu ketertarikan, keterbukaan pemikiran, prasangka atau kesetiaan. Sikap yang positif pada pelajaran merangsang cepatnya pekerjaan belajar.

4. Faktor Kegiatan

Faktor kegiatan adalah faktor yang ada hubungannya dengan kesehatan, kesegaran jasmani serta kondisi fisik seorang. Seperti sudah diketahui, tubuh yang kurang sehat membuat konsentrasi pemikiran terusik hingga mengganggu pekerjaan belajar.

5. Perihal Emosi dan Sosial

Faktor emosi seperti tidak suka serta rasa senang serta faktor sosial seperti kompetisi serta kerja sama besar sekali pengaruhnya dalam proses belajar. Ada antara unsur ini yang sifatnya menggerakkan berlangsungnya belajar tapi ada pula sebagai kendala pada belajar efektif.

6. Faktor Lingkungan

Yang disebut faktor lingkungan adalah kondisi serta situasi tempat seorang belajar. Situasi serta kondisi tempat belajar itu ikut tentukan sukses atau tidaknya pekerjaan belajar.

Keributan, berbau busuk serta nyamuk yang mengganggu di saat belajar serta kondisi yang serba kalut dalam tempat belajar besar sekali pengaruhnya pada kesuksesan belajar. Jalinan yang kurang cocok dengan teman bisa menganggu konsentrasi dalam belajar.

7. Faktor Guru

Kepribadian guru, jalinan guru dengan siswa, potensi guru mengajar serta perhatian guru pada potensi siswanya ikut memengaruhi kesuksesan belajar. Guru yang kurang dapat secara baik dalam mengajar serta yang kurang kuasai bahan yang di ajarkan bisa memunculkan rasa tidak senang pada yang di ajarkan serta minimnya dorongan untuk menguasainya pada pihak siswa.

Sebaliknya guru yang pintar mengajar yang bisa memunculkan pada diri siswa rasa menyukai bahan yang diajarkannya hingga tanpa ada diminta juga siswa banyak meningkatkan pengetahuannya di bagian itu dengan membaca buku-buku, majalah serta bahan bikin yang lain.

Guru dapat memunculkan semangat belajar yang tinggi serta dapat mengendorkan kemauan belajar yang serius. Siswa yang baik berupaya menangani kesusahan ini dengan memfokuskan perhatian pada bahan pelajaran, bukan pada kepribadian gurunya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment