Soloensis

Pengertian dan Contoh Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi ada yang dikatakan sebagai hubungan kausalitas. Apakah kalian tahu apa itu hubungan kausalitas? Ya, hubungan kausalitas adalah salah satu aturan kebahasaan yang seringkali dipakai dalam teks eksplanasi.

Ada dua tipe hubungan yang dapat kalian ketahui dalam teks eksplanasi yakni hubungan waktu dan hubungan sebab akibat.

Dengan tahu hal itu, kalian dapat membuat teks eksplanasi dengan baik dan benar. Disamping itu, kalian dapat juga memberi info dengan sedetail mungkin pada beberapa pembaca.

Nah, untuk tahu selanjutnya mengenai ini, yuk baca ulasan dari Pengertian.id selengkapnya di bawah ini.

Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Maksud dari hubungan kausalitas dalam contoh teks eksplanasi ini yakni satu kalimat yang menerangkan mengenai hubungan sebab akibat (kausalitas) satu kejadian atau momen yang tengah berlangsung.

Dalam artian lain yang disebut dengan hubungan kausalitas yakni kombinasi dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan sebab akibat.

Hubungan kausalitas ini diikuti dalam kata karena itu, oleh karenanya, jika, bila, jika, oleh karenanya serta hingga.

Jika kalian ingin mencari hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi, cari kalimat yang memakai beberapa kata yang telah disebut barusan.

Contoh Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Nah, dalam semua teks eksplanasi tentunya ada banyak hubungan kausalitas. Buat kalian yang ingin tahu dengan seperti apa contoh hubungan kausalitas, yuk baca beberapa misalnya berikut ini :

  1. Kantong semar adalah salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh di rawa-rawa. Penambahan makanan tumbuhan ini ialah serangga yang mempunyai banyak muatan nitrogen. Kantong semar ini memerlukan banyak muatan nitrogen sebab hidupnya yang ada di rawa-rawa yang mempunyai sedikit nitrogen.
  2. Saat ini beberapa petani seringkali memakai banyak pupuk kimia serta pestisida yang terlalu berlebih. Mengakibatkan bisa memengaruhi populasi hewan atau cacing yang ada di tanah. Selain itu, pestisida yang disemprotkan ke tanaman, sebagiannya bisa terikut oleh air serta mengalir ke sungai-sungai yang bisa membunuh ekosistem laut.
  3. Lingkungan rumah kami kebanjiran sebab banyak masyarakat yang buang sampah ke sungai. Di saat hujan lebat, debet air bertambah lebih banyak serta mengakibatkan sungai membludak. Perihal ini pula yang mengakibatkan banjir di wilayah kami.
  4. Harga baju di supermarket itu sedang ada potongan harga besar, oleh karenanya banyak pengunjung yang hadir di hari ini.
  5. Rupiah jadi makin melemah karena naiknya harga minyak dunia.
  6. Makan malam akan selekasnya siap jika kakak turut menolong ibu memasak di dapur saat ini.

Demikian penjelasan tentang hubungan kausalitas yang dapat kalian ketahui. Sesudah tahu mengenai apakah itu hubungan kausalitas seperti di atas.

Sekarang, kalian dapat membuat teks eksplanasi dengan prima komplet dengan strukturnya serta aturan kebahasaan yang dipakai. Buat kalian yang akan membuat teks eksplanasi, selamat coba!

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment