SOLOENSIS

Adab Mengadakan Acara Tasyakuran

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Syukuran atau tasyukuran memang perlu dilakukan oleh semua orang sebagai bukti bentuk ucapan syukur kita kepada Sang Pencipta. Pasalnya setiap harinya kita teah mendapatkan berkat yang luar biasa nikmat.

Bisa bernafas dengan lega, bisa merasakan  makan enak setiap harinya, mendapatkan Rizki yang lancar, mendapatkan momongan, dan masih banyak hal indah lainnya yang patut kita syukuri setiap saat.

Tak jarang pula ada orag-orang tertentu yang masih sja sering mengeluh karena apa yang ia rasakan, terkadang sering kali mengeluh dan menyalahkan tanpa menyadari kebahagiaan dan hal-hal indah lainnya yang seringkali ia dapatkan.

Berbicara soal syukuran apakah anda sudah mengetahui apa fungsi dari syukuran itu? Padahal mungkin anda juga pernah melakukannya atau bahkan pernah menghadiri sebuah acara bukan?

Kebanyakan orang mungkin saja berpikiran bahwa syyukuran ini merupakan salah satu warisan budaya yang diturunkan ecara turun temurun yang sering dilakukan ketika mendpatkan sebuah rizki yang lebih. Misalnya saja seperti mendpat momongan, dapat naik haji dan masih banyak hal lainnya.

Terlepas dari itu semua apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara melakukan atau melaksankan syukuran  yang sesungguhnya? jika anda belum terlalu paham atau masih bingung tentang beberapa hal tentang acara syukuran anda dapat menyimak bebrapa ulsan ini:

Tidak perlu berlebihan

Acara syukuran atau tasyukuran tidak perlu anda lakukan secara berlebihan pasalanya hal itu justru akan menimbulkan asumsi yang tidak baiik bagi orang lain.

Dimana orang-orang akan melihat apa yang anda lakukan itu terlalu dilebih-lebihkan. Karena hal ini justru akan membuat anda menghambur-hamburkan uang tenaga dan pikiran selain itu hal tersebut juga buka sesuatu yang harus anda lakukan saat mengadakan syukuran.

Meskipun hal itu memang tidak sering anda lakukan namun anda juga harus paham akan makna dari di adakannya acar ini. dimana acara tersebut dilakukan sebagai bukti dari ucapan syukur kita. Allah ‘Azza wa jalla berfirman: dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu)  secara boros.

Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaithan, sementara syaithan itu sangat ingkar kepada Rabbnya. (AL-Isra’:26-27).

Dengan begitu sudah jelas bukan bahwa segala sesuatu memang tidak baik juka dilakukan secara berlebihan. Selain justru akan menimbulkan fitnah hal itu juga tidak baik jika dipandang dari sudut dan pandangan agama.

Jangan sesumbar

Mendadakan syukuran memang merupakan hal yang baik namun hal itu tidak menjadi baik apabila anda melakukannya dengan cara sesumbar seperti contohnya anda terlalu menyombongkan diri atas segala sesuatunya.

Perlu anda ingat bahwa di atsa langit masih ada langit, dan tetap ingat bahwa apa yang anda dpatkan, apa yang anda peroleh semuanya itu atas berkat campur tangan Allah.

Jangan sampai anda lupa diri karena anda sudah mendpatkan segala sesuatunya yang anda miliki. Saat melakukan syukuran hal iutama yang harus anda lakukan adalah terlebih dahulu mengucap syukur kepada –NYA.

Kemudian jika memang anda memiliki rejeki yang lebih anda boleh mengundang kerabat, keluarga, kerabat dan teman-teman anda untuk hadir dalam acara syukuran yang anda lakukan itu. Namun dengan tidak terlalu meninggikan diri tetaplah rendah hati.

Anda tidak perlu mengundang banyak orang untuk melakukan acara syukuran  ini karena yang paling penting adalah anda selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT yang selalu melimpahan rizki dan meberikan segala sesuatu yang anda butuhkan.

Sediakan makanan secukupnya

Yang tak kalah penting ialah menyediakan makanan secukupnya. Bila perlu, setiap tetangga juga tak luput dibagikan sebagian makanan, sehingga semua bisa merasakan rasa syukur yang dipanjatkan. Dalam tradisi tasyakuran, makanan yang tak boleh dilewatkan ialah nasi tumpeng.

Nasi yang dijadikan sebagai bentuk rasa syukur ini harus ada. Selain memang sudah menjadi budaya, khususnya di Jawa, nasi tumpeng juga bisa dijadikan sajian bagi warga atau tetangga yang datang ke acara tasyakuran.

Rekomendasi untuk anda yang sedang ulang tahun, baiknya juga menyertakan nasi tumpeng ulang tahun. Sehingga tak hanya kue saja yang menghiasai acara spesial tahunan itu, tetapi juga sajian yang bernilai budaya juga turut menyertakan juga.

So, itulah 3 adab penting dalam mengadakan acara tasyakuran. Semoga dengan memegang 3 adab di atas acara yang diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan berkah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.