Soloensis

5 Tempat Wisata Mistis di Indonesia

Obyek wisata buatan (man made) di Indonesia, umumnya ialah bangunan atau situs bersejarah. Tidak hanya kaya sejarah, beberapa obyek wisata terkenal akan sisi lainnya, yaitu cerita legenda urban.

Cukup banyak obyek wisata di Indonesia yang populer akan legenda urban yang menyeramkan. Berbalut kisah mistis, 5 obyek wisata di Indonesesia ini makin menarik untuk dikunjungi.

Berikut tujuh tempat wisata terkenal di Indonesia yang kental akan cerita mistis:

1. Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah gunung yang terdapat di Jawa Timur. Tidak hanya populer dengan pemandangan alam yang indah, gunung ini sarat akan cerita mistis.

Konon katanya, gunung ini populer sebagai tempat persugihan serta tumbal. Banyak masyarakat hadir dari pelbagai wilayah untuk melaksanakan ritual pemujaan gaib. Pelaku ritual yakin dengan melakukan petapaan di Gunung Kawi, dapat memperoleh kekayaan dengan instan.

2. Desa Trunyan

Desa ini terdapat di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasi desa tidak jauh dengan Danau Batur. Disini mayat-mayat akan diletakkan di atas tanah, dibawah pohon taru menyan sebagai acara adat. Pohon taru menyan bisa menghilangkan berbau busuk.

Tulang bebulang manusia disejajarkan serta bisa disaksikan langsung. Susunan tulang ini, membuat permandangan yang menyeramkan buat kamu yang tidak terbiasa.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah satu diantara tempat bersejarah dan jadi simbol dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Dahulunya, tempat ini adalah kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), perusahaan kereta api swasta asal Belanda.

Tidak hanya jadi kantor, tempat ini merangkap sebagai penjara di waktu penjajahan Jepang.

Riwayat waktu dulu ditambah jumlah pintu yang banyak (429 pintu) membuat pesona horror yang menarik minat pelancong. Lawang Sewu makin populer waktu ada program tv uji nyali melaksanakan syuting di penjara bawah tanah.

4. Pantai Parangkusumo

Pantai satu ini ada di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini populer dengan pasirnya yang hitam serta ombaknya yang kuat.

Konon katanya, tempat satu ini adalah portal gaib ke arah kerajaan Ratu Selatan, Nyi Roro Kidul. Letak pantai ini bertetangga dengan Pantai Parangtritis. Beberapa ritual tradisi sering dijalankan di pantai ini.

5. Benteng Vredeburg

Benteng ini adalah wisata terkenal yang ada di Yogyakarta, persisnya didekat Jalan Malioboro. Benteng ini dibuat oleh Belanda pada tahun 1760, dengan alasan jaga keamanan keraton serta sekelilingnya.

Baca Juga:
https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2021/04/24/berita-gadget/ https://student.blog.dinus.ac.id/bimajaya/2021/04/24/berita-gadget/

Saat ini bagunan ini berubah fungsi menajadi museum yang menaruh regalia serta dokumen jaman penjajahan Belanda.

Nuansa benteng yang dingin dengan dominasi warna putih, mencitakan atmosefer yang menyeramkan. Legenda urban yang tersebar, pernah ada banyak orang lihat penampakan hantu Belanda pada malam hari.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment