Soloensis

5 Palung Terdalam di Muka Bumi

Kehidupan bawah laut memang tetap menarik dengan keanekaragaman yang dimilikinya. Satu diantara sisi bawah laut yang mengundang perhatian ialah jurang pada dasar laut atau yang diketahui dengan istilah palung.

Ada ada beberapa palung di dasar laut dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda, serta palung terdalam di dasar laut mempunyai jarak kedalaman melewati ketinggian dari satu gunung.

Berikut kami kumpulkan 5 palung terdalam di dunia sebagaimana yang kami lansir dari situs perpustakaan online gratis :

Palung Kermadec

Palung Kermadec adalah salah satu palung terdalam yang ada dibumi dengan kedalaman kurang lebih 10.047 meter, atau sekitar 10 km lebih. Palung ini terdapat di samudera pasifik, persisnya di sebelah timur Australia.

Palung Kuril- Kamchatka

Selanjutnya ada Palung Kuril-Kamchatka yang terdapat di dekat dengan Pulau Kuril dan pesisir Kamchatka.

Palung yang menjadi satu diantara palung terdalam di bumi ini mempunyai kedalaman kira-kira sekitar 10.542 meter. Palung ini tercipta karena kegiatan vulkanik dasar laut di wilayah itu.

Palung Filiphina

Palung Filiphina atau dikenal juga dengan panggilan ‘Pilippine Deep’ mempunyai kedalaman hampir serupa dengan palung Kuril, yaitu dengan kedalaman sekitar 10.545 meter.

Palung ini ada dibagian barat daya dari samudera pasifik, persisnya di perairan sisi timur Filipina.

Palung Tonga

Palung selanjutnya yang terhitung dalam palung terdalam di dunia ialah palung Tonga. Palung ini mempunyai kedalaman yang sangat sangat dalam, yaitu seputar 10.882 meter, atau kira-kira 10,8 km.. Dengan kedalaman yang dipunyai, Menjadikan Tonga palung terdalam ke-2 di bumi.

Palung Mariana

Palung paling akhir adalah palung dengan nama yang telah diketahui oleh banyak orang, yaitu Palung Mariana.

Baca Juga:

https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2021/04/23/berita-teknologi-terbaru/
https://student.blog.dinus.ac.id/bimajaya/2021/04/23/berita-teknologi-terbaru/

Palung ini mempunyai jarak kedalaman melewati tinggi gunung Everest, yaitu sekitar 11.034 meter atau kira-kira 11 km.. Dengan kedalaman yang dipunyai, Palung Mariana jadi palung terdalam di muka bumi ini.

Itu 5 palung terdalam yang berada di muka bumi, mudah-mudahan artikel ini menyediakan informasi yang berguna untuk kalian semua.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment