Soloensis

Contoh Kerajinan dari Bambu

Kerajinan bambu adalah bentuk kreativitas masyarakat yang menggunakan batang bambu yang memiliki sifat kuat dan fleksibel, menjadikannya produk akhir yang berguna untuk kehidupan dan menyenangkan mata.

Mengapa membuat kerajinan bambu?

Sejak zaman kuno, nenek moyang orang Indonesia telah menggunakan tanaman bambu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dari tempat tinggal, peralatan dapur, peralatan makan, peralatan konstruksi, bahkan digunakan sebagai senjata untuk mengusir penjajah.

Salah satu kegunaan bambu yang masih digunakan sampai sekarang adalah kerajinan tenun. Kerajinan anyaman bambu di Indonesia ada banyak jenis dan kelas. Setiap daerah memiliki jenis anyaman bambu.

Motif anyaman bambu di masing-masing daerah berbeda, tergantung pada adat dan budaya yang berkembang di daerah tersebut.

Namun, ternyata tidak semua jenis bambu bisa digunakan untuk membuat kerajinan, lho. Hanya bambu dengan spesifikasi tertentu yang dapat digunakan sebagai kerajinan, termasuk anyaman bambu.

Berikut adalah kerajinan dari bambu :

1. Tanaman pot

Dengan warna-warna alami yang mencolok, yaitu hijau dan kuning, bambu dapat memberikan sensasi warna yang kontras dengan warna tanaman yang dikandungnya.

Produk bambu buatan tangan ini menawarkan Anda pilihan untuk mengoptimalkan keindahan warna tidak hanya di tanah, tetapi juga di udara.

Caranya adalah dengan membagi batang bambu besar dan mengisinya dengan tanaman kecil berwarna-warni untuk kecantikan maksimal.

2. Tralis

Keberadaan tanaman merambat dalam komposisi tanaman di taman adalah kewajiban. Tergantung pada tanaman merambat, tanaman merambat dapat membawa nuansa baru ke tempat-tempat yang tampak membosankan di taman Anda, seperti dinding atau pagar.

Metodenya cukup mudah, yaitu menyediakan beberapa bambu dengan ukuran yang sama, kemudian disusun sedemikian rupa seperti terali, lalu ikat tali atau kawat agar kuat.

Untuk jenis tanaman merambat ini, Anda dapat mencoba sirih merah, mandala, morning glory, bougenvil, melati Irlandia, bunga clementis, atau tanaman air mata pengantin.

3. Selokan

Bentuk bambu yang menyerupai tabung membuatnya mampu mengakomodasi aliran air dengan benar. Meski jarang digunakan, penggunaan kerajinan bambu bisa menambah suasana alami pada estetika rumah Anda.

Namun, perlu dicatat bahwa karena mudah lapuk, talang bambu ini tidak akan bertahan lama.

4. Lonceng angin

Salah satu atribut khusus lonceng bambu ini adalah bunyi unik yang dihasilkan. Lonceng bambu, sebagai salah satu kerajinan yang terbuat dari bambu, memiliki suara yang jauh lebih lembut daripada lonceng angin yang terbuat dari besi.

5. Lampu taman

Batang yang lurus dan kuat terbuat dari bambu membuatnya cocok sebagai tiang lampu untuk penerangan di luar ruangan. Anda dapat menginstalnya di sekitar taman atau kolam seperti yang ditunjukkan di atas.

6. Eksterior sekat kamar mandi

Mandi di udara terbuka tentu terasa menyenangkan. Nada dingin dan dingin akan memberikan perasaan tersendiri ketika kita mencuci.

Tapi hati-hati, ada yang melihatnya! Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan bambu yang Anda tata sebagai pembagi agar kamar mandi alami Anda tetap tertutup.

7. Kursi taman

Mungkin rumah Anda juga memiliki beberapa perabot yang terbuat dari bambu, seperti kursi, meja, atau bahkan lemari. Padahal, ya, daya pikat tanaman bambu belum pernah dimakan usia.

Meskipun zaman telah berkembang, minat masyarakat pada furnitur bambu tidak terbatas. Buktinya, sampai sekarang, mebel pengrajin bambu masih sangat diminati oleh masyarakat. Banyak pengusaha furnitur di Indonesia juga melayani pesanan mebel bambu ini.

8. Dinding

Bosan dengan dinding rata begitu saja? Mungkin kerajinan bambu ini bisa memberi nuansa baru pada interior rumah Anda. Pilih batang bambu yang halus, lalu tutup dengan enamel, dan Anda hanya perlu memperbaikinya untuk menutupi dinding Anda.

9. Bingkai foto

Jika Anda ingin memberi kamar cetak bambu, cobalah membingkai foto atau lukisan di ruangan dengan bingkai bambu.

Tidak seperti bingkai foto kayu dengan banyak ukuran yang mahal, bingkai bambu umumnya dihargai lebih rendah dari bingkai kayu atau aluminium. Dari segi estetika, saya benar-benar mendapatkannya!

10. Gerbang Taman

Anda benar-benar dapat membuat pagar taman dari apa pun. Namun, berkat nuansa bambu hijau / kuning yang mencerminkan rasa damai, menggunakan bambu sebagai pintu gerbang ke taman Anda akan membuat kesan pada pengunjung.

11. Air pancuran

Mandi adalah cara sempurna untuk menambahkan sedikit Zen ke rumah Anda, membawa keindahan, ketenangan, dan nuansa alami ketika Anda memasuki rumah. Ini adalah proyek mudah yang memerlukan beberapa teknik atau peralatan dan dapat diselesaikan hanya dalam beberapa jam.

12. Pagar / pagar taman

Membuat dekorasi taman cukup sederhana. Kuncinya adalah Anda harus memilih bambu tebal dan kuat untuk bertahan lama. Anda hanya perlu membuat lubang di bagian atas bambu untuk melewati talinya.

Nuansa pagar dan tekstur bambu dapat menghasilkan detail yang menawan, meskipun cara melakukannya cukup sederhana. Untuk hasil akhir yang sangat baik, Anda bisa melapisi bambu Anda dengan enamel.

13. Sangkar Burung

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, kerajinan bambu juga bisa digunakan untuk hewan kesayangan Anda, lho. Dengan bahan dasar yang lebih murah dari kayu, Anda dapat menghemat uang untuk menghasilkan rumah yang nyaman bagi burung-burung ini.

14. Pagar rumah

Pagar selain memiliki fungsi pelindung juga bisa menjadi pembatas area, selain pagar juga bisa sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan rumah kita.

jika melihat bahan yang digunakan, pagar bisa terbuat dari batu bata, besi, kayu atau bambu, di rumah model minimalis kita memiliki banyak jenis pagar yang bisa kita gunakan, jadi bagaimana pagar yang baik untuk rumah minimalis?

Setiap rumah harus memiliki model dan desain sendiri, jadi tentu saja jenis pagar harus disesuaikan agar selaras.

Namun bagi Anda yang ingin menambahkan kesan alami ke rumah Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memagari rumah yang terbuat dari bambu, banyak jenis bambu yang bisa kita gunakan untuk memperindah rumah dari segi eksterior, misalnya bambu kuning atau bambu petung.

15. Bingkai sepeda

Ini juga anti-streaming. Sepeda terbuat dari bambu. Pembuatnya adalah Kang Gunawan dan Haur Group Bandung. Bambu yang digunakan bukan bambu sembarangan, melainkan bambu sera. Hebatnya lagi, sekarang produk-produk sepeda motornya juga sudah banyak dipasarkan di luar negeri. Wow, halo!

Sumber Referensi : https://genemil.com/

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Khairul Zein

    Blogger asal Medan

    View all posts

    Add comment