Soloensis

MENGENAL BERAGAM POTENSI TEMPAT WISATA DI ANTARA PERBATASAN JAWA.

Mengenal potensi wisata di Indonesia seakan tidak akan ada habisnya, mulai dari sabang sampai merauke dari mianas sampau pulau rote Indonesia memiliki berjuta-juta kekayaan alam yang mampu memanjakan pengunjungnya. Selain memiliki wisata yang sudah terkenal sampai mancanegara seperti Pulau Bali, Lombok, Karimun Jawa, dan masih banyak lagi. Selain memiliki wisata yang terkenal sampai mancanengara, Indonesia juga memiliki berbagai wisata disetiap wilayahnya. Seperti Pantai-pantai disekitar Gunung Kidul, Pacitan, wisata Kota Yogyakarta yang begitu banyak, Air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar, Telaga Sarangan di Magetan, dan masih banyak lagi. Mengingat Karena begitu banyaknya wisata di Indonesia bahkan sampai di tiap-tiap daerahnya masing-masing, hal ini menjadikan kecamatan-kecamatan kecil di tiap daerah ikut andil dalam memajukan potensi pariwisata yang ada di kecamatan bahkan desa-desa kecil juga ikut andil agar dapat membantu menambah perekonomian tiap-tiap desa atau kelurahannya masing-masing.
Kelurahan Anggrasmanis merupakan salah satu daerah di kecamatan jenawi yang ikut andil ingin memajukan potensi wisata yang ada disana, meskipun sudah adanya obyek wisata Candi Cetho yang sudah terkenal, namun warga di desa Anggrasmanis sendiri juga ingin menambah perekonomian tiap dusun masing-masing dengan mengembangkan potensi wisatanya. Kelurahan Anggrasmanis sendiri terdiri dari sepuluh dusun, dan beberapa dusun disana mengembangkan potensi wisatanya, seperti mendirikan menara selfie bernama menara dewa , jembatan selfie bernama TMI Indah, bahkan ada air terjun yang tersembunyi di lereng gunung lawu, yang bernama Air Terjun Ringgin Jenggot, namun untuk menuju ke Air terjun tersebut sangatlah sulit, karena berada pada sela-sela lereng Gunung Lawu, dan jalan yang harus dilalui juga sangatlah curam, ditambah terjadi longsor kecil di bagian jalannya, sehingga jika terpleset bisa jatuh ke jurang yang bawahnya sungai.
Meskipun jalan yang harus dilalui ketika mendekati Air Terjun sangatlah curam, namun disepanjang perjalanan banyak pemandangan hijaunya kebuh teh dan hamparan sawah yang terlihat dari ketinggian yang dapat memanjakan mata yang melihatnya. Selain itu karena kelurahan Anggrasmanis dekat dengan perbatasan jawa timur yang merupakan perkebunan teh, sehingga ketika memandang ke arah timur akan terlihat hamparan hijau kebun teh. Selain itu di beberapa wilayah di kecamatan jenawi juga ada beberapa obyek wisata air terjun, mulai dari air terjun semawar dan sedinding yang berada di kelurahan trengguli, air terjun ringgin jenggot tadi di kelurahan Anggrasmanis, dan air terjun Grenjengan di kelurahan Menjing.
Potensi wisata sangatlah banyak di Indonesia, dengan pengolahan dari tangan yang terampil akan menjadi obyek wisata yang sangat indah. Akan tetapi potensi wisata yang ada bukan hanya untuk diolah menjadi obyek yang indah, namun juga harus menjadi obyek wisata yang dapat membangun dan menjaga alam sekitar agar tidak dieksploitasi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Muhammad Yusuf

    Orang karanganyar yang mengadu nasib sebagai mahasiswa IAIN Surakarta 2016

    View all posts

    Add comment