Soloensis

MAKAN ENAK TAPI MURAH

MAKAN ENAK TAPI NGIRIT
Angkringan adalah warung makan sederhana dengan mengunakan grobak dorong yang beratapkan terpal plastik dan biasanya dilengkapi dengan kursi panjang yang mengelilingi grobak tersebut. Grobak angkringan yang serbaguna membuat kesan warung makan angkringan menjadi warung makan yang sangat sederhana selain untuk menaruh menu makanan, grobaknya digunakan juga sebagai meja makan serta untuk memasak air.
Menu utama angkringan ialah nasi kucing. Selain nasi kucing, di Angkringan juga menyediakan menu lain yang ditata rapi di atas gerobaknya, diantaranya seperti aneka gorengan, sate usus ayam, sate telur puyuh, dan lain – lain. Selain makanan juga ada minuman yang airnya dimasak langsung di atas gerobak serba guna Angkringan. Untuk minuman biasanya Angkringan menyediakan wedang teh, wedang kopi, wedang jeruk, wedang jahe, susu jahe dan tentunya Kopi Joss.
Walaupun menyediakan makanan enak dan bervariasi, namun untuk harga setiap menunya sangat murah. Meskipun murah meriah, namun Angkringan tidak hanya di kunjungi masyarakat menengah ke bawah tapi juga menengah ke atas. Angkringan ini terkenal sebagai pemersatu bangsa, karena merupakan tempat makan yang tidak membedakan status social, suku atau agama, sehingga semua orang bisa bersantai dan makan disini.
Angkringan sudah seperti menjadi ikon kota jogja, akan tetapi angkringan sudah menjamur keberbagai daerah salah satunya di kota solo tepatnya di pucangan kartasura ada salah satu angkringan yang ramai pengunjungnya yaitu angkringan “pak petruk” letaknya yang dekat dengan kampus dan sekolah mebuat angkringan ini ramai dikunjungi siswa-siswi sma dan mahasiswa apalagi di jam jam istirahat.
Angkringan pak petruk buka dari pagi jam 07.00 sampai jam 15.00 bisa juga tutup lebih awal karena sudah habis. harganya yang murah menjadi faktor pilihan para mahasiswa, salah satunya achmad mahasiswa iain Surakarta jurusan kpi semester 5 “angkringan pak petruk ini cocok untuk mahasiswa karena menunya komplit harganya murah dan enak juga” ujarnya. Menu di angkringan pak petruk sangat berfariasi seperti nasi kucing, aneka gorengan, sate usus, sempolan, sate keong, es teh, es kampul, es jeruk dan masih banyak menu lainya yang pastinya harganya terjangkau di kantong pelajar.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    yogi indrawan

    mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam iain surakarta

    View all posts

    Add comment