Soloensis

Karang Taruna “Taruna Bhakti II” Mentarunakan Kampung

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi kampung yang dikelola dan dikerjakan oleh pemuda kampung itu sendiri. Secara garis besar Karang Taruna merupakan alat penggerak bagi kelangsungan kegiatan dikampung, karena Karang taruna biasanya ikut mengerjakan kegiatan yang ada dikampung seperti Nyinom, Pemuda Masjid, Siskamling, dll. Tapi bagi Karang Taruna “Taruna Bhakti II” hal semacam itu sudah biasa dilakukan karena itu memang tugas utama bagi pemuda setempat.
Pemuda Taruna Bhakti II yang ada di dk. Ngebrak, Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo ini mempunya progam yang bias dikatakan sangat bagus. Salah satu progam itu ialah mengajar gratis bagi anak-anak kampung. Mengajar gratis? Ya. Di dukuh Ngebrak bisa dibilang sangat minim dengan budaya belajar bersama. Bukan karena tanpa alasan memang mayoritas orang tua di dukuh Ngebrak memang sangat kurang dalam hal pendidikan, karena kebanyakan orang tua jaman dulu tidak perlu sekolah jadi pada jaman sekarang ilmu yang di aplikasikan orang tua kepada anaknya bisa dibilang sangat minim karena memang orang tuanya kebanyakan berlulusan hanya SD( Sekolah Dasar) atau hanya SMP (Sekolah Menengah Pertama). Jadi dari sinilah pemuda Taruna Bhakti mulai berfikir bagaimana cara mendaulangi bagaimana caranya mencerdaskan anak kampung tapi dengan keterbatasan orang tua yang lemah pelajaran. Jadi mulai tercetuskan ide untuk membuat belajar bersama gratis yang di pelopori sekaligus dijalankan oleh mereka para pemuda Taruna Bhakti II. Bagi mereka yang sudah lulus kuliah atau bahkan masih sekolah atau kuliah pun sangat terpacu dan semangat untuk mengajar bagi anak-anak kampung. Karena mereka mempunyai pemikiran “berbagi ilmu itu sangat penting bagi kelangsungan masa depan anak-anak.”. jadi para orang tua tidak perlu takut anak mereka tidak mengetahui pelajran dengan benar karena sudah adanya progam belajar Bersama secara gratis. Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh warga kampung dk.Ngebrak.
Dan kegiatan belajar gratis itu menjadi salahsatu kegiatan pemuda Taruna Bhakti II, sebenarnya banyak kegiatan lain yang memang sangat bagus seperti mengajar TPA, kerja bakti dan banyak hal lagi. Seperti itulah kegiatan karang tarunga di kampung saya. Saya juga berharap agar Taruna Bhakti II menjadi organisasi pemuda kampung yang sangat berkompeten.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    yanuar yusa

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment