Soloensis

Mengenal Thermostat Digital Terbaik

Thermostat ialah jantung dari mesin tetas hingga mutlak harus ada pada mesin tetas. Manfaatnya sebagai alat untuk mengendalikan panas supaya tetap dalam rata-rata suhu khusus. Dalam proses kerjanya, nilai suhu akan bergerak turun naik (berfluktuasi) pada toleransi khusus, disebutkan hysteresis.

Contoh bila lampu pemanas pada mesin tetas hidup pada 37 derajat celcius, serta mati pada 38 derajat celcius, karena itu hysteresis-nya ialah 1 derajat celcius. Hysteresis pada thermostat ada yang permanen alias telah paten (bergantung dari kualitas elemen) serta hysteresis yang dapat di mengatur (umumnya ada di thermostat digital).

Dari riset kami, hysteresis seharusnya tidak melewati 1 derajat celcius, sebab dapat turunkan daya tetas.

Biasanya thermostat yang banyak dipakai ialah type elektro-mekanikal seperti tipe wafel.

Sebagian besar mesin tetas memakai thermostat tipe ini sebab gampang dan murah dibikin, tetapi bila tidak memakai elemen yang bermutu, dapat mengakibatkan kerusakan pada kontak microswitch yang menyebabkan ketidakberhasilan proses penetasan, karena berlangsungnya bunga api pada kontak waktu tersambung atau lepas.

Ketidakberhasilan lain dapat juga datang dari bocornya wafel / kapsul jadi sensor panas, serta rangka thermostat yang lentur. Umumnya rangka thermostat wafel dibuat dari metal, tetapi ada produsen yang membuat rangka thermostat wafel memakai plastik cetakan (produsen menyebutkan fiber..??).

Ini ialah kekeliruan fatal sebab plastik memiliki defleksi / kelenturan yang besar hingga jadi besar fluktuasi suhu, belum juga bersamaan menambahnya waktu, plastik akan getas serta gampang patah.

Tipe thermostat lain yang biasa dipakai ialah tipe coil (berisi air raksa). Tetapi mengingat thermostat tipe ini ialah aplikasi untuk refrigerator / kulkas, karena itu umumnya memiliki fluktuasi suhu yang lumayan besar, dapat sampai 3 – 4 derajat celcius. 

Thermostat yang paling kekinian ialah tipe elektronik serta digital. Tetapi sebab sebagian besar thermostat tipe ini ialah aplikasi untuk refrigerator, karena itu fluktuasi suhunya besar. Perkecualian untuk thermostat yang diset spesial dengan suhu dekati suhu penetasan serta bisa disetel hysteresis-nya sampai +/- 0,1 derajat celcius.

Thermostat tipe ini jarang-jarang diterapkan untuk penetas semi automatis kemampuan kecil sebab benar-benar mahal hingga lebih pas dipakai untuk mesin tetas full automatis / kemampuan besar, sebab akan sesuai dengan harga.

Tetapi berhati-hati, seharusnya tidak memakai hysteresis yang begitu kecil sebab dapat memunculkan permasalahan kerusakan karena elemen pemutus arus akan kerja tambah lebih berat.

Mengingat tuntutan warga yang makin bermacam, sekarang penetas Aviamax telah masuk set baru dengan menghasilkan penetas full automatis dengan thermostat elektronik serta digital.

Thermostat elektronik / digital ini telah lewat riset serta pengujian cermat dengan hysteresis ditata pada angka yang moderat yakni 0,3 – 0,5 derajat celcius, dengan begitu akan diraih suhu penetasan yang benar-benar baik serta ketahanan thermostat lebih lama.

Karenanya untuk pembaca yang akan beli mesin tetas, kerjakan cek dengan cermat khususnya tentang detail pengontrol suhu tipe thermostat (wafel/coil/elektronik analog / digital), bahan rangka (untuk thermostat wafel), elemen microswitch (untuk thermostat wafel), hysteresis / fluktuasi suhu, dan lain-lain. Tidak ada kelirunya bertanya dengan detail detail thermostat seperti tertera di atas.

Lihat jika semua thermostat ialah automatis, hingga sebaiknya tak perlu disebutkan supaya tidak memusingkan, serta beberapa orang yang tertipu sebab menduga mesin tetasnya full automatis terhitung skema pemutaran telurnya, walau sebenarnya cuma thermostatnya yang automatis.

Jangan memakai sembarangan thermostat digital, ditambah lagi yang memiliki range suhu besar, dari 0 – 100 derajat celcius, sebab makin besar rangenya, ketepatan bisa menjadi rendah. Thermostat dengan range besar ini ( import dari China) umumnya untuk aplikasi refrigerator atau pemanas yang tidak membutuhkan ketepatan tinggi.

Thermostat digital bikinan Cina biasanya memiliki bentuk yang semakin bagus, sebab memakai bahan plastik cetakan pabrik. Sedang thermostat digital bermutu baik bikinan lokal umumnya memiliki design yang simpel, sebab lebih mengutamakan peranan dibanding tampilan.

Kesimpulannya, thermostat / pengontrol suhu yang terbagus untuk penetas telur ialah type Digital dengan mikro kontroler (memakai IC yang dapat diprogram). Thermostat mikro kontrol digital ini sudah diprogram KHUSUS untuk aplikasi penetas telur dengan range suhu cukup rapat, yakni 30 – 40 derajat celcius, serta histeresis yang dapat ditata dari 0,1 – 1,5 derajat celcius.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment